Rumah Lebih Sejuk Tanpa AC? Ini Tipsnya!

image

Propertinews.id, Tangerang – Hidup di negara tropis seperti Indonesia bisa menjadi alasan mengapa suhu udara di rumah kita terasa lebih panas. Panas yang menyengat di rumah pastinya membuat suasana jadi tak nyaman. Itu sebabnya sebagian rumah pada akhirnya menggunakan Air Conditioner (AC) sebagai solusi rumah tetap sejuk.                    

Namun penggunaan AC sendiri dianggap tak ramah lingkungan, serta bisa membuat tagihan listrik jadi lebih tinggi. Sebenarnya ada bebera ara untuk membuat rumah tetap sejuk tanpa harus menggunakan AC loh, berikut tipsnya:

Ventilasi Silang

Ventilasi silang merupakan salah satu trik arsitektural yang umum digunakan untuk membuat rumah semakin sejuk tanpa menggunakan AC. Dengan menggunakan ventilasi silang pada rumah Anda, sirkulasi udara bisa lebih lancar sehingga udara kotor dan panas akan cepat keluar dan berganti dengan udara bersih dan sejuk.

Bangun plafon rumah lebih tinggi

Apabila plafon rumah Anda dibangun dengan cukup tinggi, maka sirkulasi udara di rumah secara otomatis akan menjadi lebih baik. Pasalnya, sirkulasi udara di rumah bisa dipengaruhi oleh ukuran ketinggian plafon Anda. Jarak antara plafon dan ataplah yang menentukan suhu di dalam ruangan rumah Anda. Idealnya, semakin pendek jarak plafon rumah dari lantai, maka ruangan Anda akan berpotensi terasa lebih panas. Anda disarankan untuk membuat plafon rumah dengan ketinggian minimal 2,5-3 meter atau sekitar dua kali tinggi badan manusia dewasa yang berdiri tegak.

Gunakan material penahan panas

Menggunakan material penahan panas pada hunian Anda ternyata mampu membuat suhu di dalam rumah lebih sejuk dan berfungsi sebagai pelindung dari radiasi sinar UV. Ada berbagai jenis material penahan panas, seperti alumunium foil, glasswool, dan bubble foil. Pada umumnya, penahan panas ini berbentuk lembaran berwarna perak yang bisa sangat efektif dalam melindungi bangunan dari udara panas.

Itulah beberapa tips yang bisa Anda coba agar hunian tetap sejuk meskipun tidak menggunakan AC. (AN)

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id
Media Properti Paling Aktual

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Nata Connexindo

Nata Connexindo adalah Konsultan & Partner Digital Marketing dengan paket digital lengkap. NATA menjadi solusi untuk kebutuhan digital berbagai bisnis

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo