Semakin Rajin Beribadah dengan Inspirasi Mushola Minimalis di Rumah

image

Mushola Minimalis – Bagi Anda yang beragama muslim, salah satu ruangan yang paling dibutuhkan di dalam rumah Anda adalah mushola.

Meskipun ibadah salat bisa dilakukan di ruangan lain seperti kamar dan ruang tamu, ruangan khusus merupakan salah satu cara untuk membuat ibadah lebih khusyuk. 

Mushola harus memiliki desain yang cukup sesuai dengan fungsinya. Namun karena mushola pribadi di dalam rumah biasanya hanya untuk penghuni rumah saja, maka ukuran ruangannya juga bisa dipertimbangkan.

Jika Anda memiliki rumah yang terbilang minimalis, maka Anda tak perlu khawatir lagi membuat mushola sendiri di dalam rumah.

Propertinews.id sebagai portal berita properti Indonesia telah merangkum informasi menarik tentang 5 inspirasi desain mushola minimalis dalam rumah untuk Anda! Yuk simak selengkapnya di bawah ini!

Inspirasi Menarik Desain Mushola Minimalis di Rumah

Beberapa inspirasi berikut ini bisa menjadi acuan Anda dalam membuat mushola minimalis agar ibadah bersama keluarga menjadi semakin khusyuk dan bermakna.

Mushola Terbuka di Ruang Bawah Tangga

Memanfaatkan ruangan di bawah tangga memang menjadi hal yang sangat disukai pemilik rumah minimalis modern berlantai dua.

Biasanya ruangan ini digunakan sebagai tempat menyimpan berbagai barang. Tapi justru kesan rumah menjadi tidak rapi. Jadi daripada seperti itu, lebih baik dialihfungsikan sebagai mushola. 

Penambahan ciri khas mushola dilakukan dengan memberi hiasan pajangan ayat Al Quran, lukisan lambang kaligrafi Allah dan Muhammad, karpet lembut, sajadah dan meja untuk membaca Al Quran. Bagian dinding juga bisa diberi wallpaper khusus untuk menAndakan bahwa itu ruangan mushola terbuka.

Mushola Minimalis di Ruang Keluarga 

Ide selanjutnya adalah dengan menggabungkan mushola dengan ruang keluarga. Jadi, mushola bisa diberi ruang dengan pemisah dinding khusus di bagian ruang keluarga. 

Pintu masuk bisa dibuat khusus seperti yang ada di masjid besar. Dinding bagian dalam bisa dipasangi wallpaper putih dan kombinasi hijau.

Lemari kecil dan meja kecil diletakkan di dalam mushola untuk menyimpan alat ibadah dan Al Quran. Penting juga untuk meletakkan karpet dan sajadah yang nyaman untuk ibadah. 

Mushola Minimalis dengan Cahaya dan Sirkulasi Udara yang Alami

Anda tidak perlu membuat jendela yang terlalu besar untuk mengikuti desain mushola minimalis yang satu ini.

Yang penting, ada pertukaran udara dan cahaya matahari yang masuk. Sirkulasi udara yang alami sangat penting agar ruangan terasa segar dan tidak lembab karena AC.

Dengan begitu, Anda dan keluarga bisa beribadah dengan tenang tanpa terganggu oleh udara yang pengap. 

Mushola Konsep Shabby Chic 

Membuat mushola dengan kesan vintage dan menawan bisa menjadi impian semua orang. Tentunya semua orang ingin beribadah dengan nyaman dan ruangan yang mendukung.

Konsep shabby chic bisa menjadi konsep yang sangat menyenangkan. Mushola ini bisa diletakkan di samping ruang tamu atau ruang keluarga dengan pemisah sisi belakang lemari atau bufet pajangan.

Dinding mushola diberi hiasan kaligrafi yang mendukung namun tidak terlalu mencolok. Karpet hijau sederhana dengan sajadah merah jambu dan ungu bisa membuat konsep semakin terlihat.

Sebagai pembatas maka bisa dipasangi pagar putih untuk dekorasi dan rumput sintetis.

Mushola Minimalis Dekat dengan Taman

Anda memiliki taman mini di rumah? Anda bisa pertimbangkan untuk membangun mushola di ruangan yang berbatasan dengan taman.

Nuansa hijau dari luar akan membuat mushola minimalis ini menjadi semakin sejuk dan enak dipandang. Anda dan keluarga akan merasa semakin nyaman ketika beribadah. 

Agar tidak terlalu terbuka tapi tetap mendapat kesan semi-outdoor, Anda bisa membatasi mushola minimalis dan taman dengan pintu kaca atau jendela yang memiliki kaca tinggi.

Itu dia beberapa inspirasi desain mushola minimalis untuk rumah Anda. Sebagai portal berita properti Indonesia, Propertinews.id siap memberikan informasi dan rekomendasi menarik seputar dunia properti. (GYS)

 

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo