Shabby Chic Interior: Tren Desain Interior Jadul Tapi Antik

image

Propertinews.id, Tangerang – Bagi penggemar desain interior pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah shabby chic bukan? Untuk yang belum pernah mendengar, artikel ini akan membahas secara umum tentang gaya shabby chic dan penerapannya dalam desain interior sebuah ruangan.

Apa itu shabby chic? Secara harfiah, shabby chic berarti gaya yang terkesan lkusuh namun cantik. Namun pada implementasinya di desain interior, gaya shabby chic adalah gaya antik dan vintage ala tahun 80 atau 90an dengan perabotan serta pola-pola elemen ruangan yang juga melekat dengan gaya  zaman dulu.

Gaya shabby chic untuk desain ruangan juga sering dikaitkan dengan motif floral yang abstrak. Belakangan ini gaya shabby chic justru diminati banyak orang. Mulai dari kamar tidur, ruang tamu, hingga gaya restoran atau café.

Shabby chic sendiri biasanya diterapkan dalam sebuah ruangan dengan warna-warna pastel yang agak pucat namun cantik dan elegan. Untuk beberapa furnitur atau barang-barang di dalam ruangan, bahkan membuat gaya vintage ini terlihat mewah dan manis.

Selain karena gaya serta nuansa yang unik, gaya shabby chic dalam desain interior juga relatif murah. Akan tetapi, untuk beberapa  barang antic ynag bersejarah atau memiliki motif dan pola yang profesional, harga bisa menjadi tinggi.

Untuk Anda yang tertarik untuk menerapkan gaya shabby chic dalam ruangan, PropertiNews.id sudah merangkum beberapa tips yang bisa Anda terapkan untuk menciptakan ruangan shabby chic versi anda. Informasi ini juga bisa berguna untuk Anda yang ingin mendekorasi kamar anak Anda dengan gaya shabby chic.  Ini dia tipsnya!

Mulai dengan Konsep

Konsep yang matang untuk sebuah desain interior sangatlah dibutuhkan. Terlebih lagi, shabby chic memerlukan detail bukan hanya dari warna tapi juga jenis furnitur yang diletakkan.

Coba pikirkan konsep mulai dari warna, hingga perpaduan aksesoris nantinya. Konsep bukan hanya membantu Anda mendapatkan hasil shabby chic yang memuaskan, tapi juga membantu Anda mengatur budget untuk dekorasinya.

Sesuaikan Dinding, Lantai, atau Langit-langit

Memaksimalkan warna dinding, lantai, atau langit-langit akan sangat berpengaruh terhadap atmosfer ruangan gaya shabby chic. Anda bisa memulai dengan wallpaper warna pastel, atau menghias dinding dan langit-langit dengan bunga atau motif floral pada kain dan semacamnya.

Penggunaan warna yang netral seperti warna putih juga bisa mendukung ruangan terlihat lebih luas.

Sesuaikan Furnitur

Furnitur dalam desain shabby chic juga tidak seperti furnitur pada umumnya. Kesan vintage juga harus melekat dalam pola atau jenis furnitur. Pilihlah furnitur sederhana seperti meja, kursi atau lemari yang terkesan jadul atau zaman dulu, sehingga bisa menambah nilai antik.

Jangan Terlalu Banyak Furnitur

Dekorasi shabby chic pada dasarnya sudah cukup ramai dengan dekorasi seperti kain floral, bunga-bunga hiasan, atau warna pastel yang beragam.

Untuk membuat ruangan terlihat lebih luas, maka akan lebih baik untuk meminimalisir penggunaan furniture, terlebih yang berukuran relatif besar. Dengan begitu ruangan shabby chic Anda dapat terlihat lebih luas namun tetap kental akan nuansa shabby chic yang diinginkan.

Aksesoris yang Cantik untuk Gaya yang Antik

Aksesoris adalah kunci ynag bisa sangat mendukung konsep desain interior shabby chic. Coba temukan sumber atau referensi gambar dekorasi shabby chic sehingga Anda memiliki pandangan untuk meletakkan aksesoris atau furnitur yang seperti apa.

Ini juga bisa membantu anda menentukan barang mana yang anda ingin beli, atau membuatnya sendiri agar bisa menghemat budget dan memaksimalkan kualitas ruangan yang diinginkan. (GYS)

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo