Ternyata Mudah, Lho! Ini Dia Tips Memasang Lantai Keramik Sendiri di Rumah

image

Lantai Keramik – Lantai keramik adalah salah satu jenis lantai di rumah yang banyak diminati dan digunakan masyarakat di Indonesia.

Tekstur yang rata, halus, serta rasa sejuk yang dirasakan saat menyentuh lantai keramik adalah beberapa alasan mengapa banyak masyarakat yang berminat menggunakan lantai keramik.

Ketika hendak memasang lantai keramik, Anda harus melakukannya dengan hati-hati. Proses pemasangan lantai keramik mungkin terlihat mudah, tetapi sebenarnya ada hal-hal kecil yang harus Anda perhatikan.

Untuk mendapatkan hasil yang bagus dan rapi, Anda harus mengetahui tips, cara, dan teknik pemasangan keramik yang benar.

Dengan memahami cara memasang keramik ini, Anda bisa menginstal keramik dengan lebih berhati-hati dan mengurangi resiko kesalahan yang mungkin terjadi.

Sebagai portal berita properti Indonesia, Propertinews.id telah merangkum informasi lengkap seputar tips mudah untuk memasang keramik sendiri. Yuk baca selengkapnya di bawah ini!

Bagaimana Cara Mudah Memasang Lantai Keramik Sendiri di Rumah?

Beberapa cara di bawah ini bisa Anda jadikan referensi untuk mempercantik properti rumah Anda menggunakan lantai keramik.

Persiapkan Alat dan Bahan yang Dibutuhkan

Tahap pertama dalam rangkaian cara memasang keramik tentu dimulai dengan memilih keramik yang akan digunakan.

Belilah keramik dengan ukuran dan motif yang Anda suka di toko bangunan terdekat atau melalui situs jual beli online.

Cara memasang keramik yang benar tentu memerlukan keramik 10 persen lebih banyak dari yang diperlukan untuk berjaga-jaga apabila Anda membutuhkan keramik lagi untuk lantai yang tidak seukuran. 

Cara memasang lantai keramik yang akan kami bagikan tentu memerlukan material khusus. Jangan lupa untuk membeli perlengkapan dan material lainnya, yaitu semen khusus keramik, papan aplikator, dan nat keramik.

Tanyakan pula pada pegawai toko apakah menjual tile spacer. Siapkan meteran, benang yang cukup tebal, dan pensil. 

Ukur Luas Lantai dan Coba Pasang Keramik Tanpa Semen

Langkah selanjutnya adalah dengan mengukur lantai ruangan meteran. Tarik meteran dari dinding yang satu ke yang lainnya, baik atas bawah maupun kiri kanan.

Beri tanda dan pastikan mereka akan bertemu pada satu titik di tengah ruangan. Kemudian tempelkan benang mengikuti garis meteran dan gunting benang tersebut.

Sebelum menempelkan keramik, cobalah untuk mengatur tata letak pada lantai dahulu. Lanjutkan rangkaian cara memasang keramik dari bagian tengah pertemuan benang tadi dan gunakan tile spacer untuk memberi jarak antar keramik.

Cara memasang keramik yang benar tidak akan bisa dilakukan tanpa mengetahui apakah ada bagian lantai yang tidak bisa diaplikasikan keramik secara penuh. 

Rendam Keramik Sebelum Dipasang

Rendam keramik di dalam air. hal ini akan membuat keramik menjadi lebih elastis dan lebih mudah menempel pada saat pemasangan keramik nantinya. 

Mulai Memasang Keramik 

Aplikasikan semen pada lantai di mana Anda akan menempel keramik. Cara memasang keramik yang baik adalah dengan memulai aplikasi dari satu area lantai dahulu.

Pastikan semen telah dicampur dengan air dan bebas dari kerikil. Gunakan papan aplikator untuk melaksanakan cara memasang keramik ini dan oleskan semen di lantai secara tipis. 

Tempel keramik lalu tekan. Saat sebaris keramik sudah tertempel, gunakan papan apapun dengan permukaan rata untuk menekan keramik. Hal ini berguna agar keramik terpasang dengan ketinggian yang sama. 

Oleskan Nat Keramik 

Diamkan keramik yang sudah ditempel hingga kering. Cara memasang keramik selanjutnya adalah mengoleskan nat keramik yang sudah dicampur air.

Nat keramik ini berguna untuk mengisi sela-sela jarak antar keramik. Gunakan aplikator untuk mengoleskan nat dan pastikan semua sela-sela terisi penuh. 

Hal lain yang perlu diperhatikan dalam memasang nat keramik ini adalah untuk mendiamkannya selama 5-15 menit lalu bersihkan dengan spons.

Hati-hati dalam menggunakan spons untuk membersihkan area lain. Pastikan tidak ada tetesan air dari spons karena dapat membahayakan kinerja nat.

Bagaimana? Mudah dipahami bukan? Yuk kunjungi website resmi Propertinews.id untuk informasi dari portal berita properti Indonesia. Tak hanya lantai keramik, kami menyediakan rekomendasi menarik lainnya untuk Anda! (GYS)

 

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo