Tips Bersihkan Lantai Kayu Agar Tetap Awet

image

Propertinews.id, Tangerang - Penggunaan material kayu pada lantai hunian akan membuat rumah terkesan lebih nyaman dan menarik. Sama seperti jenis lantai lainnya, lantai kayu juga membutuhkan perawatan dan pemeliharaan agar selalu bersih dan bertahan lama. Karena jika tidak dirawat dengan benar, lambat laun lantai kayu akan terlihat kusam dan membuat tampilan ruangan menjadi kumuh seperti tidak terawat.

Cara membersihkan lantai kayu sebenarnya juga tidak sesulit yang Anda bayangkan, berikut cara tepat membersihkan lantai kayu dengan benar.

Gunakan bahan pembersih yang tepat

Anda bisa menggunakan cairan pembersih lantai yang beraroma harum untuk membersihkan lantai kayu hingga bersih. Usahakan agar lantai kayu tidak terkena cairan pembersih porselen, deterjen, bahan pemutih, dan sejumlah bahan pembersih lainnya. Hal ini agar tekstur dan warna lantai kayu tetap alami seperti baru.

Segera bersihkan saat terkena air atau noda

Jika lantai kayu terkena air atau bekas makanan dan minuman, bersihkanlah sesegera mungkin. Gunakanlah tisu atau lap kering untuk membersihkannya. Jangan didiamkan terlalu lama karena akan meninggalkan noda dan merusak lantai.

Gunakan bahan kimia anti rayap

Agar lantai kayu rumah Anda selalu awet dan terhindar dari pelapukan karena lembab, Anda bisa menggunakan bahan kimia anti rayap pada lantai kayu Anda. Suntikkan beberapa cairan tersebut ke potongan kayunya dan ketahanan lantai kayu Anda bisa bertahan lebih lama.

Jangan pindahkan perabotan dengan menggeser

Saat memindahkan perabotan rumah, lakukanlah dengan hati-hati agar tidak menggores atau merusak permukaan lantai kayu. Alih-alih digeser, pindahkanlah dengan cara diangkat.

Gunakan larutan cuka untuk menghilangkan noda

Noda lumpur atau tanah pada lantai kayu wajib segera dibersihkan agar tidak melekat kuat. Anda harus menggunakan larutan dengan campuran cuka untuk membersihkannya secara maksimal. Campurkan 60 ml cuka ke dalam liter air. Selanjutnya, mulailah mengepel lantai kayu dengan larutan cuka tersebut.

Jangan ragu memilih material lantai kayu untuk mempercantik interior rumah Anda. Jika Anda sudah paham cara tepat membersihkan lantai kayu, tentu saja Anda dapat melakukannya secara mudah.(AN)

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Nata Connexindo

Nata Connexindo adalah Konsultan & Partner Digital Marketing dengan paket digital lengkap. NATA menjadi solusi untuk kebutuhan digital berbagai bisnis

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo