Tips Membuat Home Theater Sendiri dengan Harga Murah

image

PropertiNews.id, Tangerang – Untuk anda yang mungkin bingung bagaimana cara membuat home theater pribadi, anda bisa menyimak tips yang telah kami siapkan berikut ini. 

Perhatikan Segi Ruangan

Pertama-tama yang harus anda perhatikan sebelum membuat home theater adalah segi ruangannya. Dalam mendesain sebuah home theater tentunya terdapat beberapa pertimbangan seperti lokasi dan ukuran ruangan dalam rumah. Apakah anda akan menggunakan ruang yang ada untuk dijadikan home theater atau membangun ruang tambahan di rumah. Tentukan layout ruangan dan keperluan di dalamnya

Peletakan Ruang TV

Selain ruangan, peletakan ruang tv juga menjadi pertimbangan lainnya. Anda harus memetakan ukuran ruang televisi, termasuk menghitung ukurannya. Pengukuran ini diperlukan agar anda dapat menentukan seberapa besar kekuatan speaker yang harus dimiliki sekaligus ukuran layar televisi yang pas di ruangan tersebut. Jika ruangan televisi terbagi dengan ruang lainnya, misal dengan ruang tamu maka sebaiknya beri sekat agar anda lebih mudah dalam menata home theater di rumah. 

Pemilihan dan Peletakan Speaker

Dengan ruangan yang kecil, anda tidak perlu membutuhkan powerful speaker lagi. Untuk pemilihannya pun anda bisa memilih tipe 5.1 yang terdapat 5 speaker yang terhubung dalam 1 set ini untuk ruangan yang kecil. 

Dalam pemilihan audio ini, sebaiknya anda konsultasikan dengan teknisi agar tidak terdengar suara yang  berlebihan dan akan membuat suasana menonton tidak nyaman. 

Satu hal yang tidak boleh anda lupakan adalah menaruh channel utama audio tepat di hadapan penonton. Hal ini berfungsi agar penonton bisa mendengarkan dialog film dengan jelas dan maksimal.

Pencahayaan pada Home Theater 

Adapun pencahayaan pada ruangan perlu diperhatikan untuk meminimalkan gangguan. Umumnya home theater memiliki nuansa yang gelap total. Namun ternyata hal tersebut bukanlah aturan yang wajib dalam membuat home theater. Anda bisa menggunakan penerangan yang redup. 

Pencahayaan di dalam home theater lebih kepada suasana gelap dengan beberapa refleksi lampu dari dinding yang akan membuat mata orang yang melihat di dalamnya tidak terganggu ataupun merasa silau. Maka dari itu, pilihlah lampu gantung yang diletakkan secara tidak langsung menyinari orang, layar ataupun kursi melainkan ke dinding dan langit-langit. Ciptakan suasana bioskop dengan pemilihan dan peletakan lampu yang tepat. 

Pemasangan Bass Trap 

Sudut-sudut tembok yang dibiarkan bisa membuat terciptanya suara gaung yang berlebih. Penggunaan bass trap bisa menjadi hal yang disarankan untuk meredam gaung tersebut. Tak perlu membuat ruangan kedap suara yang bisa merogoh kocek lebih, anda cukup menutup bagian-bagian menyudut di ruang televisi dengan penggunaan bass trap, maka suara akan menjadi lebih bagus dan menyeluruh di dengar. (ZH)

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo