Tips Merawat Lantai Kayu Agar Tidak Cepat Rusak

image

PropertiNews.id, Tangerang – Pemilihan lantai yang dipakai disetiap rumah pasti berbeda-beda sesuai dengan keinginan penghuninya. Ada yang menggunakan keramik atau bahkan kayu parket sebagai lantai rumah.

Penggunaan kayu parket sebagai pelapis lantai memberikan efek hangat dan estetika. Karena terlihat seperti kayu, lantai akan menjadi lebih natural. Pemilihan lantai ini bisa dipadukan dengan beberapa tema ruangan seperti kontemporer, minimalis, hingga klasik.

Jika Anda memilih kayu parket untuk dijadikan lantai rumah, Anda perlu melakukan perawatan khusus agar lantai kayu ini tidak rusak karena jamur dan noda-noda lainnya. Anda bisa ikuti beberapa tips ini agar lantai kayu parket tetap terjaga kualitasnya.

Bersihkan secara rutin
Untuk lantai kayu parket usahakan untuk tidak membiarkan debu berada di atasnya. Untuk menghindari penumpukan debu dan kotoran, Anda harus menyapu lantai kayu parket ini setiap hari. Gunakan sapu dengan bulu lembut atau vacuum cleaner agar tekstur kayu parket masih dalam keadaan baik.

Jangan mengepel lantai kayu parket
Dalam membersihkan kayu parket, disarankan untuk tidak mengepel lantainya. Karena menggunakan air di atas permukaan lantai kayu ini akan meningkatkan kelembapan, sehingga bisa menyebabkan perbedaan tekanan secara drastis. Air dalam kain pel yang masuk ke dalam lapisan plywood akan menyebabkan kayu cepat lapuk.

Tambahan karpet
Penggunaan lantai kayu parket harus dijaga dengan baik. Disarankan untuk menambah karpet di atas lantai kayu parket, tapi Anda harus memilih karpet dengan lapisan yang tidak licin agar tidak mudah tergeser oleh orang di rumah yang akan mengakibatkan goresan pada lantai.

Rutin memindahkan posisi furniture
Ini sangat diperlukan agar warna kayu parket tidak memudar akibat terkena sinar matahari. Untuk menyiasati ini, Anda harus rutin menukar atau memindahkan posisi furnitur yang berada di atas lantai kayu parket. Ingat ya, hindari memindahkan furnitur dengan cara mendorong karena akan merusak lapisan kayu parket. 

Hindari kelembapan
Hindari permukaan lantai kayu parket terkena air karena bisa beujung pada pelapukan dan membuat permukaan lantai kayu jadi mulai rusak. Untuk menghindari kelembapan pada lantai kayu parket, Anda harus pastikan jika jenis kayu parket yang dipilih sudah disuntik cairan anti rayap.

Bersihkan dengan lemon
Untuk menjaga lantai kayu parket tetap berkilau atau menjaga adanya noda, Anda bisa menggunakan bahan-bahan sederhana yang ada di rumah. Jika ada noda yang sulit dibersihkan, Anda bisa menggunakan air perasan lemon untuk membersihkannya. Cukup diamkan selama beberapa menit, lalu bersihkan dengan kain bersih. (EC)

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo