Wajib Tahu! Ini Tips Menjaga Rumah dari Ancaman Maling

image

Propertinews.id, Tangerang – Tingkat kriminalitas di Indonesia terus meningkat. Salah satu dari sekian banyak kasus yang terjadi, kasus perampokan danpencurian di rumah adalah kasus yang paling sering terjadi. Hal tersebut terjadikarena minimnya kewaspadaan serta sistem keamanan di dalam rumah.

Mewabahnya virus Covid 19 menyebabkan banyak perusahaan kehilangan keseimbangan ekonomi. Beberapa perusahaan besar bahkan nyaris gulung tikar dan banyak karyawan yang dikenakan pemutusan hubungan kerja atau PHK.

Banyaknya PHK selama pandemi dan minimnya lapangan pekerjaan yang terbuka, semakin meningkatkan tingkat dan motif terjadiya pencurian di banyak daerah. Itulah mengapa kita harus selalu waspada dan meningkatkan keamanan di rumah dan di manapun kita berada.

Tidak semua rumah ataupun bangunan dilengkapi dengan sistem keamanan yang canggih. Meski begitu, Anda tetap bisa menjaga rumah Anda dan mencegah terjadinya kasus perampokan dan pencurian di rumah dengan melakukan beberapa hal.

Apa saja yang bisa kita lakukan untuk menjaga rumah dari ancaman maling? Adakah langkah-langkah cerdik dan sederhana yang bisa mencegah terjadinya kriminalitas di rumah? Propertinews.id telah merangkum informasi dan tips ampuh agar rumah Anda bisa terjaga dari ancaman pencurian. Baca selengkapnya di bawah ini.

Selalu Ingat untuk Mengunci Pintu dan Akses Masuk

Pintu dan segala akses masuk yang tidak terkunci biasanya menjadi sasaran empuk para pelaku kriminalitas untuk melancarkan aksi pencurian.

Oleh karena itu, langkah sederhana seperti memastikan pintu terkunci atau tidak bisa menjadi satu langkah kecil penentu keberhasilan aksi pencurian oknum-oknum yang tidakbertanggung jawab. Untuk mendukung keamanan, Anda juga bisa mengganti pintu rumah dengan kayu berkualitas tinggi, sehingga maling akan lebih kesulitan membobol rumah Anda.

Gunakan “Alat Pelindung Rumah”

Image rumah yang aman adalah rumah yang dilengkapi dengan gembok yang canggih, CCTV yang banyak, dan juga pengawas rumah yang ketat. Namun, Anda bisa memalsukan kemanan rumah Anda dengan memasang beberapa ornamen palsu seolah Anda memiliki sistem keamanan yang canggih.

Anda bisa memasang CCTV palsu seolah Anda bisa melihat seluruh pergerakan orang yang mencurigakan. Dengan begitu, Anda bisa mengurungkan niat maling untuk tidak melanjutkan niatnya mencuri di rumah Anda.

Menjalin Hubungan yang Baik dengan Tetangga

Hubungan yang baik dengan tetangga sangatlah penting untuk dijalin selama hidup bertetangga. Apabila ada pergerakan mencurigakan dari orang lain, makatetangga juga bisa menjadi pengawasan ganda. Tetangga Anda bisa memberitahu Anda dan mencoba memperingatkan orang tersebut untuk bertanya atau memperlihatkan gerak-gerik yang tidak mencurigakan.

Dengan begitu, rumah Anda bisa tetap memiliki pengawasan selama tetangga Anda berada di sekitar rumah.

Usahakan Rumah Tidak Kosong

Dalam beberapa kesempatan, usahakan untuk menyisakan orang di dalam rumah untuk berjaga-jaga agar tidak terjadi pencurian atau perampokan. Jika terpaksa harus mengosongkan rumah, pastikan segala yang Anda tinggalkan terkunci dengan baik. Selain itu, titipkan rumah pada tetangga untuk mengawasi rumah sembari berada di rumahnya sendiri.

Pastikan Ponsel Selalu Aktif

Ponsel adalah barang yang berguna untuk meminta pertolongan. Menjaga ponsel untuk tetap aktif bisa menjadi hal yang tepat jika Anda membutuhkanpertolongan sewaktu-waktu.

Selalu Waspada dan Jangan Lengah

Dalam kondisi apapun, meskipun Anda sedang berada di rumah juga harus tetap bisa waspada dan tidak lengah. Sehingga rumah juga bisa terhindar dari ancaman maling atau pencuri. (GYS)

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo