5 Karya Arsitektur di Dunia Ini Ternyata Terinspirasi dari Alam

image

PropertiNews.id, Tangerang – Banyak arsitek di berbagai dunia yang terinspirasi dari alam dalam merancang karyanya. Tentu, alam banyak memberikan inspirasi apa saja termasuk bagi karya bangunan. Adapun pada dunia arsitektur, bangunan yang mereplikasikan benda-benda di alam ini disebut dengan biomimetic.

Bangunan dengan arsitektur yang tersinpirasi dari alam ini pun ternyata sudah banyak di terapkan. Bangunan apa saja itu? Berikut rangkumannya.

Eastgate Centre, Zimbabwe

See how termites inspired a building that can cool itself

Bangunan yang terletak di Zimbabwe, Afrika Selatan ini sangat merepresentasikan karya arsitekrur yang ramah lingkungan dan adaptasi ekologis yang sensitif. Komplek perkantoran dan pusat perbelanjaan terbesar di negara tersebut, benar-benar mengadaptasi prinsip desain dari sebuah sarang rayap.

Sang arsitek, Mick Pearce mendesain bangunan ini tanpa pendingin atau pemanas ruangan sama sekali. Namun s di dalam ruangan tetap memiliki suhu yang nyaman.

Beijing National Stadium

Beijing National Stadium | 3D Warehouse

Dirancang oleh arsitek Jacmques Herzog dan Piere de Meuron dari Herzog & de Meuron, stadium ini dikenal dengan sebutan Stadium Sarang Burung. Bagaimana tidak, stadion yang digunakan sepanjang Olimpiade Musim Panas 2008 dan Paralimpiade serta akan digunakan lagi pada Olimpiade Musim Dingin dan Paralimpiade 2022 ini, memiliki desain yang mirip sekali dengan sarang burung di alam. Sarang burug memiliki beberapa layar besar sementara yang dipasang di dalam stadion.

Lotus Temple, New Delhi

Karya Arsitektur Keren Ini Ternyata Terinspirasi Dari Alam ...

Menurut kitab suci Baha i, semua rumah ibadah harus mencakup bentuk melingkar sembilan sisi. Semua rumah ibadah biasanya memenuhi syarat ini dengan sebuah kubah. Namun kuil di desa Bahapur di New Delhi ini terlihat sangat berbeda. Terinspirasi dari bunga teratai, arsitek Fariborz Sahba memikirkan untuk menyusun 27 marmer yang dibentuk menyerupai kelopak bunga dalam tiga kelompok untuk membentuk sembilan sisi.

Taipei 101, Taipei

Karya Arsitektur Keren Ini Ternyata Terinspirasi Dari Alam ...

Gedung pencakar langit dengan tinggi 509 meter dan memiliki 101 lantai ini adalah gedung tertinggi di dunia ketika pertama kali dibuka di Distrik Xinyi pada tahun 2004. Arsitek ternama C.Y. Lee mendesainnya dengan terinspirasi dari batang bambu lengkap dengan bagian-bagiannya yang beruas penuh dengan simbolisme.

Ada total delapan segmen yang masing-masing terdiri dari delapan lantai di mana angka delapan tersebut dipercaya sebagai angka keberuntungan dalam budaya Tiongkok. Sementara itu dinding kaca yang berwarna hijau menambahkan sentuhan akhir pada bangunan ini.

Aldar Headquarters Building, Abu Dhabi

10 Bangunan megah di dunia ini ternyata terinspirasi oleh alam

Bangunan yang dijadikan sebagai kantor komersial di Al Raha Beach, Abu Dhabi ini terinspirasi dari kulit kerang. Tinggi atap 360 ft dan dibangun dengan luas 61.900 meter persegi. MZ Architect adalah seorang arsitektur pembuat Aldar Quarters ini dan perusahaan kontraktornya adalah ALDAR Laing O’Rourke. (ZH)

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo