5 Mal Terbesar di Indonesia. Nomor 1 Ternyata Bukan di Jakarta

image

PropertiNews.id, Tangerang – Bisnis pusat perbelanjaan seperti mal di Indonesia kini kian menjamur. Banyak dari pebisnis properti yang membangun mal – mal baru di berbagai wilayah di Indonesia dengan berbagai macam konsep yang ditawarkan untuk menarik minat konsumen. 

Surga pusat perbelanjaan dibangun dengan berbagai ukuran untuk menampung banyak tenant di dalamnya. 

Bahkan, di Indonesia juga terdapat beberapa mal yang terbilang sangat besar. Mal apa sajakah itu? Berikut selengkapnya! 

Pakuwon Mal, Surabaya

5 Mal Terbesar di Indonesia, No. 1 bukan di Jakarta!

Siapa sangka, mal terbesar di Indonesia ternyata bukan di Jakarta, melainkan berdiri di kota pahlawan, Surabaya. Dengan luas net leasable area (NLA) mencapai 200.000 meter persegi Pakuwon Mall dinobatkan sebagai mal terbesar di Indonesia 2020.

Mal super megah ini terletak di Jalan Puncak Indah Lontar no 2, Pakuwon Indah, Sambikerep, Kota Surabaya dan merupakan bagian dari Pakuwon Indah Superblock dengan total luas 30 hektare, tepat di pusat Central Business District (CBD) Surabaya Barat.

Pusat perbelanjaan ini berdampingan dan menyatu dengan Pakuwon Trade Center (PTC). Selain itu, Pakuwon mall juga berdekatan dengan Pakuwon Indah Superblock yang terdiri dari 2 Apartemen yaitu Orchard dan Tanglin Tower yang merupakan bagian dari Pakuwon Mall Mansion, serta La Riz Condominium. 

Tunjungan Plaza, Surabaya 

Tunjungan Plaza - Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Tunjungan Plaza di Surabaya menempati posisi kedua sebagai pusat perbelanjaan terbesar di Indonesia. Mal ini tercatat memiliki luas NLA sebesar 170.000 meter persegi atau hanya berselisih 10.000 meter persegi dengan Mal Pakuwon. 

Sangkin luasnya, mal ini bahkan terbagi dalam 6 pusat belanja, dan yang unik pemilik Tunjungan Plaza masih dimiliki oleh Grup Pakuwon yang juga membangun Mal Pakuwon di Surabaya. 

Summarecon Mall Kelapa Gading, Jakarta 

Informasi Lengkap Tentang Mal Kelapa Gading - Pergiyuk!

Summarecon Mall Kelapa Gading (MKG) juga disebut sebagai mall terbesar di Indonesia karena memiki lahan awal seluas 150.000 meter persegi.Pusat hiburan yang terletak di kawasan Kelapa Gading, Jakarta Utara ini semakin berkembang tiap tahun dan kini luasnya telah mencapai 20 hektar.

Selain menjadi rumah bagi sekitar 600 pertokoan di dalamnya, MKG juga rutin mengadakan acara-acara serta hiburan yang sangat meriah. Pengunjung semakin dimanjakan dengan adanya integrasi terpadu antara MKG dengan La Piazza dan Gading Food City di sekitarnya.

Grand Indonesia, Jakarta

Paket Tur Lokal, Perjalanan & Wisata di Grand Indonesia Mall | Easybook®

Grand Indonesia merupakan kawasan mixed use yang memadukan area hunian, penginapan, perkantoran dan pusat perbelanjaan menjadi satu. Luas area Mal berukuran sekitar 140.000 meter persegi dengan gedung berlantai 7 yang memiliki lahan parkir besar yang sanggup menampung kendaraan sebanyak 3.000 Mobil dan 8.000 Motor.

Kawasan GI sendiri terdiri dari 6 bangunan yakni Hotel Indonesia Kempinski, Kempinski Private Residence Menara BCA Tower, West Mall, East Mall dan Grand Indonesia Mall.

Ada beberapa tempat atau zona khusus di mall ini, salah satunya adalah The Speciality Zone. Zona ini cocok untuk pengunjung yang ingin menikmati pengalaman berbelanja eksklusif dan mewah. Outlet yang berada dalam zona ini menawarkan produk mewah dan berkualitas dari merek-merek ternama di dunia yang dibanderol dengan harga tinggi. Oleh karena itu, orang yang berkunjung ke zona ini rata-rata merupakan kaum elite yang ingin membeli barang bagus.

Mal Taman Anggrek, Jakarta 

Heboh Mal Taman Anggrek Dijual Online Rp 17 Triliun, Benarkah? - Bisnis  Liputan6.com

Mal Taman Anggrek adalah pusat perbelanjaan ketiga terbesar di Ibu Kota Jakarta yang menempati posisi kelima sebagai mal terbesar di Indonesia. Luas mal ini mencapai 130.000 meter persegi. 

Mal Taman Anggrek sudah cukup lama beroperasi yakni sejak tahun 1996 dan pernah menyandang status sebagai mal terbesar di Asia Tenggara. Namun, seiring dengan munculnya mal – mal besar baru, posisinya kini terus merosot. (ZH)   

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id
Media Properti Paling Aktual

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Nata Connexindo

Nata Connexindo adalah Konsultan & Partner Digital Marketing dengan paket digital lengkap. NATA menjadi solusi untuk kebutuhan digital berbagai bisnis

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo