Apa Itu Green Building? Dan Bagaimana Ciri-Cirinya?

image

PropertiNews.id, Tangerang – Green building saat ini tengah marak diperbincangkan di Indonesia terutama di kota-kota besar seperti Jabodetabek. Kata Green Building sendiri jika diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia memiliki arti bangunan hijau. Lalu apa sebenarnya green building itu?

Green building adalah suatu istilah yang mengacu pada gedung yang sehat dan nyaman bagi penggunanya, serta ramah lingkungan. Bangunan jenis ini dirancang untuk menjadi bangunan yang efisien dan dapat mereduksi dampak terhadap lingkungan dibandingkan dengan bangunan biasa. Tahap perencanaan dan pembangunan green building juga dilakukan dengan mempertimbangkan dampak terhadap lingkungan seminimal mungkin.

Terdapat empat faktor pada bangunan green building yakni efisiensi desain struktur yang berarti tahap konsep dan desain merupakan dasar dalam setiap proyeksi kontruksi. Lalu yang kedua ada efisiensi energi yang berarti mencakup langkah-langkah hemat energi seperti udara, dan sinar matahari yang masuk ke bangunan maupun energi dari sisi operasional. Yang ketiga adalah efisiensi air yang berarti memperhatikan pengguaan air termasuk cara mendapatkan air dan pengelolaannya yang ramah lingkungan. Dan yang keempat adalah efisiensi material yang berarti untuk menerapkan konsep green building, sebaiknya memakai atau menggunakan material yang sesuai kebutuhan, tidak lebih dan tidak juga kurang.

Lalu bagaimana ciri-ciri bangunan berkonsep green building? Berikut rinciannya:

Memanfaatkan Sumber Daya Alami

 Di dalam gedung, terutama di kota-kota besar banyak menggunakan lampu untuk penerangan dan alat pendingin agar ruangan menjadi lebih sejuk. Penggunaan yang berlebihan akan mengakibatkan listrik yang berlebihan pula. Oleh sebab itu, green building memanfaatkan sumber daya alami untuk mewujudkan kenyamanan di dalam gedung. Misalnya dengan menambahkan ventilasi dan jendela yang lebar pada desain bangunan.

Ruang Terbuka Hijau

Ruang terbuka yang ditanami berbagai tanaman hijau merupakan salah satu syarat yang harus dimiliki gedung ramah lingkungan. Selain itu, ruang terbuka hijau dapat membantu menyerap polusi dan memberikan kesegaran. Tak hanya itu, ruang terbuka hijau juga berperan dalam penyerapan air tanah dan menjaga sirkulasi air.

Pembangunan Gedung Menggunakan Bahan yang Sehat Bagi Manusia

Selain ramah lingkungan, konsep green building juga harus ramah terhadap kesehatan manusia. Pembangunan green building bahkan tidak lagi menggunakan material beracun yang dapat mengganggu kesehatan. Misalnya dengan tidak menggunakan cat yang beracun dan tidak menggunakan AC yang dapat merusak lapisan ozon.

Di dalam green building juga dipasang sensor CO2 atau karbondioksida. Kadar karbon dioksida dalam gedung jika terlalu tinggi akan dapat terdeteksi sehingga kesehatan penghuni gedung dapat lebih terjaga. (ZH)

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id
Media Properti Paling Aktual

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Nata Connexindo

Nata Connexindo adalah Konsultan & Partner Digital Marketing dengan paket digital lengkap. NATA menjadi solusi untuk kebutuhan digital berbagai bisnis

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo