Apa Sebenarnya Pengertian Arsitektur Menurut para Ahli? Mari Cari Tahu Bersama!

image

PropertiNews.id, Tangerang –  Arsitektur merupakan seni yang dilakukan setiap individu atau kelompok untuk merancang sebuah bangunan yang dihasilkan dari ide dan imajinasi mereka. Sebagai cabang dari ilmu dan seni lainnya, arsitektur pasti mempunyai seorang ahli yang memaparkan atau menginterprestasikan apa itu arsitektur. Untuk itu, pada artikel ini kami sajikan berbagai pengertian arsitetur dari para ahli.

Arsitektur Menurut Y.B Mangunwijaya

Sastrawan, rohaniawan, dan tokoh seni rupa Indonesia dibidang arsitektur ini menyatakan arsitektur sebagai vastuvidya atau wastuwidya yang berarti ilmu bangunan. Wastuwidya mencakup ilmu tata bumi, tata gedung, dan tata kemudian lintas (dhara, harsya, dan kana). Mangunwijaya juga menafsirkan arsitektur sebagai penciptaan suasanam perkawinan guna dan citra. Arsitektur tidak dilihat dari kemewahan bahan, teknologi, dan harganya. Sebab, dari bahan-bahan sederhana pun bisa memberikan cerminan refleksi keindahan yang puitis dari suatu arsitektur dan jauh lebih bersih dari godaan maupun kepongahan.

Arsitektur Menurut Marcus Pollio Vitrovius

Dikenal sebagai bapak arsitektur dunia yang identik dengan karya De Architecture, tokoh yang satu ini menyatakan bahwa pengertian arsitektur merujuk pada kekuatan, estetika dan fungsi. Selain tiga poin utama tersebut, ilmu arsitektur sendiri pun dikembangkan dari ilmu pengetahuan lain seperti ilmu filsafat sehinga menghasilkan sebuah karya seni yang filosofis.

Arsitektur Menurut Renzo Piano

Ketika sebuah gaya arsitektur dibentuk untuk menjadi merek dagang, maka hal itu secara tidak langsung akan menjadi sangkar yang mengekang dan membunuh para arsitek serta kebebasan mereka untuk berkembang. Sebuah gaya arsitektur hendaknya dibentuk berdasarkan metode yang ada, bukan dibentuk untuk menjadi merek dagang.

Arsitektur Menurut Van Romondt

Seorang tokoh akademisi arsitektur Indonesia pada awal abad ke-20, Van Romondt menyatakan, bahwa pengertian arsitektur merujuk pada ruang lokasi hidup sebagai tempat untuk membuat manusia merasa bahagia. Adapun, arsitektur di sini tidak hanya merujuk pada keseluruhan ruang yang diciptakan oleh manusia, melainkan ruang yang terbentuk secara alami seperti gua.

Arsitektur Menurut Djauhari Sumintardja

Djauhari Sumintardja, seorang tokoh arsitektur Indonesia mengatakan bahwa pengertian arsitektur ialah sebagai karya manusia yang bermanfaat bagi manusia itu sendiri. Manfaat dari arsitektur tersebut dapat dirasakan oleh tubuh karena dapat memberikan perlindungan, serta memiliki manfaat bagi jiwa karena bisa menyuguhkan rasa nyaman, sejuk, dan tenang.

Arsitektur Menurut Banhart CL Dan Jass Stein

Menurut Banhart CL Dan Jass Stein, arsitektur adalah seni dalam menegakkan bangunan, di mana di dalam seni tersebut terdapat segi perencanaan, konstruksi, dan solusi dekorasinya. Selain itu, sifat atau format bangunan, proses membangun, bangunan dan kelompok lainnya adalah segi-segi lain yang juga ada di dala arsitektur. (ZH)

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id
Media Properti Paling Aktual

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Nata Connexindo

Nata Connexindo adalah Konsultan & Partner Digital Marketing dengan paket digital lengkap. NATA menjadi solusi untuk kebutuhan digital berbagai bisnis

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo