Bahan Material Wood Plastic Composite yang ternyata Bisa Didaur Ulang

image

Propertinews.id, Tangerang – Menggunakan bahan material kayu tentu sudah biasa, tapi bagaimana jika Anda menggunakan bahan material kayu yang terbuat dari campuran plastik? Bahan material kayu campuran plastik ini umumnya dikenal sebagai jenis material baru yang disebut WPC atau Wood Plastic Composite.

Sebagai pengganti bahan material kayu masa kini, WPC terbagi ke dalam dua jenis yang berbeda, yaitu:

 

WPCS atau Kayu komposit Solid

Jenis kayu ini umumnya mencakup material yang digunakan untuk papan berbentuk lurus ataupun lengkung. Jenis WPCS biasanya ditemukan pada bahan bangunan biasa yang sering kita jumpai.

WPCH (Wood Plastic Composite Hollow)

Jenis kayu ini biasanya dijadikan untuk pagar, atap gazebo, ataupun lantai teras karena bagiannya yang memiliki lubang seperti besi hollow.


Bahan WPC yang terdiri dari 50% serat plastik dan serbuk kayu membuatnya menjadi lebih murah dari bahan material kayu asli. Meskipun terbuat dari serat plastik, WPC tetap memiliki keindahan dan daya tahan yang serupa seperti kayu. Terdapat juga beberapa keunggulan lain yang dimiliki oleh WPC, antara lain:

a.     Mempunyai kestabilan dimensi yang baik

b.    Potensi retak yang lebih kecil

c.     Lebih bertahan dalam jangka panjang

d.    Tahan terhadap air dan bahan kimia

e.     Desain yang lebih menarik

f.      Tersedia dalam beberapa ukuran

 

Kelebihan lain yang juga dimiliki oleh bahan material WPC adalah bahannya yang tetap dapat didaur ulang, karena sebagian materialnya yang terbuat dari bahan plastik. WPC yang telah digunakan atau rusak, tetap dapat diperbaiki dan diproduksi ulang menjadi WPC baru.

Satu kekurangan yang dimiliki oleh WPC hanyalah pilihan warnanya yang sangat terbatas. Namun, ketahuilah bahwa warna yang dimiliki WPC justru tidak cepat memudar dan tahan lama. Jadi, apakah Anda tertarik? (JES)

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo