Berpartisipasi dalam Tokyo Toilet Project, Pemenang Arsitektur Pritzker Rancang Toilet Berbentuk Jamur

image

PropertiNews.id, Tangerang – Ikut berpartisipasi dalam Tokyo Toilet Project yang digagas oleh Nippon Foundation, pemenang penghargaan Arsitektur Pritzker, Toyo Ito merancang toilet umum dengan bentuk yang unik yakni berbentuk jamur. Toilet ini dibangun untuk menggantikan blok toilet yang sebelumnya berada di bagian bawah tangga dan mengarah ke kuil Yoyogi Hachimangu di distrik Shibuya Tokyo.

Sang arsitek membangun toilet tersebut sebagai fasilitas umum dengan konsep yang tenang dan ramah lingkungan sehingga mendorong orang untuk menggunakan toilet umum.

“Saya tidak menggunakan toilet umum bahkan sebagai laki-laki. Oleh karena itu, kali ini saya ingin mencoba desain kasual yang bisa digunakan dengan tenang”, kata Ito seperti yang dikutip Dezeen.

Ito membuat toilet lama tersebut menjadi tiga blok silinder yang ditutup atap berbentuk kubah menjorok sehingga mengingatkan kita pada bentuk jamur. Toilet ini juga terdiri dari tiga bilik. Bilik paling besar di bagian belakang, dua bilik toilet lainnya dibuat terpisah, satu untuk wanita dan satunya lagi untuk pria.

Dinding ke tiga toilet ini dilapisi oleh ubin merah, merah muda, dan putih, yang disusun berurutan dari bagian lantai hingga ke dinding toilet.

Lalu untuk atap pada setiap biliknya dinaikkan di atas dinding untuk memungkinkan cahaya alami dan udara masuk ke toilet. Dengan memecah toilet lama menjadi tiga bagian, Ito yakin toilet akan menjadi ruang yang aman bagi semua pengguna. (ZH)

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id
Media Properti Paling Aktual

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Nata Connexindo

Nata Connexindo adalah Konsultan & Partner Digital Marketing dengan paket digital lengkap. NATA menjadi solusi untuk kebutuhan digital berbagai bisnis

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo