Deretan Masjid dengan Gaya Arsitektur Unik di Indonesia

image

Propertinews.id, Tangerang – Masjid-masjid di Indonesia memiliki berbagai macam gaya arsitektur, mulai dari yang mewah sampai arsitektur bergaya unik ada di Tanah Air tercinta. Salah satu keunikan yang bisa Anda lihat, yakni masjid yang ada di Semarang.

Kenapa disebut unik? Karena masjid ini memiliki gaya arsitektur yang bebeda dengan masjid kebanyakan. Pada umumnya, tempat ibadah umat muslim ini biasanya cenderung bergaya ala Timur Tengah. Namun, masjid yang berada di Semarang memiliki arsitektur bangunan bak Bahtera Kapal Nabi Nuh.

Atas keunikan dari masjid tersebut mengundang decak kagum banyak orang sehingga banyak wisatawan datang tak hanya untuk beribadah, tetapi juga menghilangkan rasa penasaran untuk melihat bangunan unik ini.

Selain Masjid Safinatun Najah yang berada Semarang, terdapat beberapa masjid yang memiliki arsitektur unik di Indonesia. Tim PropertiNews berhasil merangkup lima diantaranya. Apa sajakah itu? Simak ulasannya berikut ini.

1. Masjid Al Irsyad

Hasil gambar untuk Masjid Al Irsyad

Keunikan dari Masjid Al Irsyad terletak pada desain bangunannya yang berbentuk kubus. Meski ornamen yang terpampang dari masjid ini terlihat sederhana, tapi kaya akan makna. Lanskap berbentuk garis-garis melingkat yang mengelilingi masjid ini memiliki arti khusus, yakni sebagai perwujudan dari tawaf yang mengelilingi Ka’bah.

Selain itu, terdapat dua kalimat syahadat berbentuk kaligrafi  di dinding masjid sehingga menimbulkan kesan mewah meski konsep yang diterapkan cukup sederhana. Masjid Al Irsyad terletak di kompleks Kota Baru Parahyangan, Padalarang, Bandung, Jawa Barat.

Berkat keunikan masjid ini, pada tahun 2010 terpilih sebagai lima besar Building of The Year 2010 oleh National Frame Building Association dalam kategori religious architecture.

2. Masjid Cheng Ho

Hasil gambar untuk Masjid Cheng Ho

Jika dilihat sekilas, tidak ada yang menyangka jika bangunan ini merupakan tempat ibadah umat muslim. Wajar, karena Masjid Cheng Ho menerapkan konsep seperti klenteng karena perpaduan arsitektur kebudayaan Arab dan Tiongkok. Masjid unik yang satu ini terletak di Ketabang Genteng, Surabaya.

Masjid ini dibangun pada tahun 2001 dan menjadi wujud rasa syukur dan penghormatan segenap Muslim di Surabaya dan Indonesia terhadap Laksamana bahariawan asal negeri China yang memeluk agama Islam.

3. Masjid Agung Jawa Tengah

Hasil gambar untuk Masjid Agung Jawa Tengah

Nampaknya Semarang merupakan markas dari masjid-masjid unik berdiri. Selain Masjid Kapal , juga terdapat masjid unik lainnya, yakni Masjid Agung Jawa Tengah. Masjid ini menjadi salah satu masjid termegah yang ada di Indonesia.

Layaknya Masjid Nabawai di Kota Mekkah, Masjid Agung juga memiliki payung besar yang berfungsi sebagai pelindung jamaah dari triknya sinar matahari dan guyuran hujan. Masjid yang diresmikan oleh Presiden keenam RI, Susilo Bambang Yudhoyono ini mengusung konsep perpaduan antara Arab, Jawa, dan Barat.

Masjid Agung dapat menampung hingga 10 ribu jamaah. Selain berfungsi sebagai tempat ibadah, masjid ini juga merupakan objek wisata terpadu pendidikan, agama, sekaligus pusat syiar Islam.

4. Masjid Terapung Makassar

Hasil gambar untuk Masjid Terapung Makassar

Bernama asli Masjid Amirul Mukminin, tempat ibadah umat muslim ini lebih populer dengan sebutan Masjid Terapung. Bukan tanpa sebab, tapi karena lokasinya yang berada di Timur Laut Pantai Losari.

Masjid yang terdiri dari tiga lantai ini memiliki fungsinya masing-masing, yakni lantai bawah sebagai tempat jamaah laki-laki, lantai dua sebagai tempat jamaah perempuan, dan lantai teratas sebagai tempat khusus bagi jamaah yang ingin salat sendiri agar lebih khusyuk.

Selain berfungsi sebagai tempat salat, Masjid Terapung juga menjadi lokasi favorit para wisatawan untuk menikmati matahari terbenam di Pantai Losari. Keindahan serta keelokan masjid ini pasti membuat siapapun yang datang terpukau. (MDA)

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo