Mari Mengenal Desain Arsitektur pada “Dome of The Rock”

image

PropertiNews.id, Tangerang – Pernahkah Anda mendengar “Dome of The Rock” ?

Dome of the Rock ini adalah salah satu bangunan bergaya Islam yang paling terkenal di dunia. Bangunan ini memiliki kubah ikonik berwana kuning emas, yang berada di Yerusalem, Israel.

Kubah batu yang sering disebut dengan Qubbat As-Sakhrah tersebut dibangun pada masa Umayyah sekitar tahun 691 dan 715 Masehi. 

Seperti yang dikutip dari Encyclopedia Britannica, tempat ini memiliki sejarah besar terutama bagi umat Islam dan Yahudi. Umat Islam percaya di tempat inilah Nabi Muhammad SAW naik ke surga. Sementara dalam tradisi Yahudi, di sinilah leluhur mereka Abraham mengorbankan putranya, Iskah sebagai korban persembahan bagi Allah.

Dome of The Rock berbentuk oktagonal atau persegi delapan. Struktur bangunan mengambil tradisi arsitektur khas Bizantium pada abad ke-7. Tahapan pembangunan sekaligus menunjukkan gaya arsitektur yang berbeda untuk pembangunan masjid.

Sejak pertama kali dibangun, Dome of The Rock telah mengalami beberapa kali renovasi. Salah satu restorasi yang signifikan terjadi saat pemerintahan Sultan Ottoman Suleyman I pada abad ke-16, yang menggantikan mosaic eksterior dengan ubin keramik berwarna.

Adapun kubah batu pada bangunan ini memiliki diameter 65 kaki atau 20 meter. Di bagian interior dan eksterior dihiasi marmer, mosaic, dan plakat logam. Terdapat pula kaligrafi di sepanjang sisinya. Kemudian pada masa kepemimpinan Ottoman, Dome of The Rock dipercantik. Kubahnya dilapisi emas serta langit-langit segi delapannya juga ditutupi dengan ukiran kayu Ottoman.

Bentuk kubah yang menawan, menjadikan Dome of The Rock sebagai pelopor penggunaan kubah berbentuk setengah bola. Dome of The Rock ini juga menjadi salah satu bangunan dengan kubah terindah di dunia. (ZH) 

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id
Media Properti Paling Aktual

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Nata Connexindo

Nata Connexindo adalah Konsultan & Partner Digital Marketing dengan paket digital lengkap. NATA menjadi solusi untuk kebutuhan digital berbagai bisnis

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo