Pemerintah China Keluarkan Aturan Baru Mengenai Larangan Pembangunan Gedung di atas 500 Meter

image

PropertiNews.id, Tangerang – China merupakan salah satu negara dengan gedung pencakar langit terbanyak di dunia. Terbukti 10 dari 20 gedung pencakar langit tertinggi di dunia saat ini berada di Negeri Tirai Bambu tersebut. Hal inilah yang juga menyebabkan China dianggap sebagai “rumah” bagi gedung pencakar langit kategori supertall di dunia.

Namun ternyata, hal tersebut tidak akan bisa terjadi lagi. Dikarenakan pemerintah China telah mengeluarkan surat edaran baru mengenai pembangunan gedung. Seperti yang dilaporkan oleh South Morning Post dan diwartakan oleh Fast Company, Komisi Pembangunan dan Reformasi Nasional China melarang persetujuan pembangunan gedung lebih dari 1.640 kaki atau setinggi 500 meter, serta melarang adanya pembangunan gedung dengan bentuk yang aneh.

Pemerintah China juga secara ketat mengatur pembangunan gedung lebih tinggi dari 820 kaki atau 250 meter.

Dewan Gedung Tinggi dan Habitat Urban, organisasi nirbala yang berbasis di Amerika Serikat mengatakan, China memiliki gedung pencakar langit terbanyak di dunia. Sebanyak 2.395 gedung di negara itu memiliki ketinggian lebih dari 150 meter serta 95 bangunan lebih dari 300 meter.

Sementara Profesor di Sekolah Arsitektur Universitas Tsinghua, Lie Luke mengatakan, pembangunan gedung lebih dari 500 meter harus melalui evaluasi biaya dan keselamatan sistematis karena kompleksitas dan kesulitas teknis.

Jika melihat pada tahun 2014, Presiden China Xi Jinping mendesak agar para arsitek untuk tidak terlibat dalam pembangunan gedung yang terlihat “aneh”. Hal ini sebagaimana telah diterapkan pada Kantor Pusat Televisi China Central di Beijing yang dirancang oleh OMA. Lalu pada dua tahun setelahnya tepatnya pada 2016, Pemerintah China telah mencanangkan pengaturan untuk tidak lagi mengizinkan pembangunan gedung tak lazim. (ZH)

 

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id
Media Properti Paling Aktual

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Nata Connexindo

Nata Connexindo adalah Konsultan & Partner Digital Marketing dengan paket digital lengkap. NATA menjadi solusi untuk kebutuhan digital berbagai bisnis

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo