Perhatikan Bagian Rumah ini Saat Musim Hujan

image

PropertiNews.id, Tangerang – Bulan Maret, intensitas curah hujan masih cukup tinggi di negeri tropis ini. Anda harus mulai memerhatikan beberapa hal penting pada saat musim hujan, tidak terkecuali rumah yang merupakan tempat kita berlindung.

Hujan deras yang terus datang dan menerpa rumah, bukan tidak mungkin akan menjadi serius. Setelah musim kemarau yang cukup panjang pada tahun lalu, ibarat gelas yang usai diisi air dingin lalu dituangkan air panas, rumah pun pastinya akan mengalami kemerosotan kekuatan di berbagai sisi.

Berikut beberapa hal yang mesti Anda perhatikan untuk menjadikan rumah tetap aman dan nyaman disaat hujan datang.

Atap atau plafon
Saat hujan deras turun, perhatikan titik-titik kebocoran dalam rumah. Terutama di bagian atap rumah atau sering disebut plafon. Tandai bagian mana yang terlihat bolong dan berdampak akan bocor. Bila terjadi kebocoran ambil langkah awal, sediakan untuk memplester dengan lipasan anti-air, lakukan pengecekan secara berkala agar atap maupun plafon tetap terjaga dengan kondisi baik saat hujan turun.

Perhatikan permukaan dinding
Dengan suhu udara yang dingin maupun lembab, terkadang membuat dinding rumah mengelupas. Air yang mengucur di area dinding yang mengelupas sering menimbulkan jamur. Anda bisa melapisi dinding dengan cat pelapis anti bocor yang mampu mencegah rembesan air di dinding rumah.

Pintu, jendela, dan ventilasi
Saluran masuknya air hujan ke dalam rumah bukan dari atap atau pipa bocor saja, tapi perhatikan juga bagian pintu, jendela, dan ventilasi rumah. Sebaiknya memasang ventilator untuk menggerakan udara di dalam ruangan.

Kelistrikan
Anda harus mewaspadai dan memerhatikan instalasi kelistrikan rumah. Pastikan kabel-kabel di rumah aman dalam keadaan tidak berserakan maupun tidak terkelupas.

Talang air dan pipa
Bila terdapat kotoran yang menyumbat, Anda harus membersihkannya. Bila tidak, penumpukan air pada talang air maupun pipa yang macet, bisa menjadi awal dari segala hal buruk yang akan terjadi ri rumah saat hujan. (EC)

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo