Wajib Tahu! Ini 5 Langkah Mencegah Kebakaran Dalam Gedung

image

PropertiNews.id, Tangerang – Kebakaran merupakan peristiwa yang rentan terjadi di setiap gedung. Penyebab kebakaran sendiri pun seringkali terjadi karena kelalaian dan kecerobohan manusia yang ditambah lagi dengan tidak memadainya alat pemadam kebakaran di dalam gedung. Oleh sebab itu, penting untuk mengetahui langkah-langkah untuk mencegah kebakaran dalam gedung. Apa saja itu? Berikut rangkumannya!

Alat Deteksi Kebakaran

Hal yang paling umum yang harus ada di setiap gedung adalah alat deteksi kebakaran. Alat ini biasanya sangat sensitif dengan panas ataupun asap. Jika asap atau panas terdeteksi, biasanya alarm akan berbunyi dan memberikan peringatan bagi penghuni gedung. Alat ini harus terus terhubung dengan sistem manajemen gedung.

Peralatan Harus Bisa Diakses

Pastikan semua peralatan proteksi kebakaran bisa digunakan. Misalkan alat pemadam api ringan (APAR), alat pemadam api portable, Thermatic system, Trolley, dan Hydrant. Cek secara berkala agar panel kontrol mudah diakses. Umumnya pihak Pemadam Kebakaran setiap tahunnya akan melakukan pengecekan.

Pengecekan Gedung Secara Berkala

Lakukan pengecekan secara berkala pada gedung. Misalnya periksa apakah peralatan proteksi kebakaran masih berfungsi dengan baik. Periksa juga dengan listrik dan mesin-mesin yang dapat menyebabkan kebakaran. Penting untuk memastikan bahwa peralatan atau mesin di gedung dirawat dengan benar untuk mencegah panas berlebih atau percikan api yang dihasilkan dari gesekan.

Manajemen Keselataman

Buatlah tim emergancy secara dinamis yang sudah dibina dan dilatih. Susun juga Fire Emergency Plan (FEP), Latihan kebakaran dan evakuasi (fire drill), penyusunan SOP aman kebakaran, fire safety audit, dan sosialisasikan.

Jadwalkan perawatan alat proteksi kebakaran ke layanan Damkar untuk memastikan semua alat proteksi kebakaran bisa digunakan. Hal ini dilakukan untuk mencegah panas berlebih (over heat) atau percikan api akibat gesekan.

Siapkan Area Khusus Merokok

Harus ada area khusus merokok yang berada dalam jarak aman dari gedung. Pastikan juga untuk menyediakan asbak atau pilihan aman lainnya untuk membuang rokoknya dengan benar. Ini akan membantu bangunan Anda tetap aman dari kebakaran yang tidak disengaja yang disebabkan oleh rokok yang menyala. (ZH)

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id
Media Properti Paling Aktual

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Nata Connexindo

Nata Connexindo adalah Konsultan & Partner Digital Marketing dengan paket digital lengkap. NATA menjadi solusi untuk kebutuhan digital berbagai bisnis

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo