Masih Macet, Pemerintah akan Evaluasi Tol Japek Setelah Nataru

image

PropertiNews.id , Tangerang – Presiden Joko Widodo telah meresmikan Jalan Tol Layang Jakarta-Cikampek (Japek) II elevated yang menghubungkan Cikunir hingga Karawang Timur. Pemerintah membangun tol layang tersebut untuk mengurai kemacetan. Namun, saat musim libur Natal dan Tahun Baru ini, kemacetan terjadi dan mengakibatkan penutupan sementara.

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi buka suara perihal kemacetan yang melanda Tol Layang Japek. Menurutnya, kemacetan terjadi diduga akibat rasa penasaran pengguna jalan, apalagi setelah mengetahui bahwa kontur jalan bergelombang membuat volume kendaraan yang menggunakan tol Japek tinggi.

“Di Japek kenaikannya biasanya 40 persen, sekarang 80 persen. Untuk kisaran (volune kendaraan) belum dilaporkan” kata Budi.

Untuk mengurangi kemacetan, dilakukan penutupan di jalur yang baru dibuka.

Terkait kemacetan tersebut, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono memastikan bakal mengevaluasi pengoperasian Tol Layang Jakarta-Cikampek II seusai musim liburan Nataru. Basuki menilai, yang harus diperbaiki adalah sambungan jembatan atau expansion joint, karena masih banyak dikeluhkan pengguna jalan tol layang japek II ini.

“Kalau saya kan di konstruksi, di expansion joint nya” kata Basuki.

Basuki mengatakan, expansion joint itu akan dikoreksi dengan diperhalus karena dikeluhkan terlalu keras oleh pengendara. Setelah diperbaiki dengan menambah lapisan aspal, diharapkan pengguna nyaman melalui Tol Layang Jakarta-Cikampek ini.

Baca Juga : Usai Rusak Karena Angin dan Hujan Deras, Stasiun Serpong Beroperasi Normal Kembali

Selanjutnya, terkait Tol Layang Japek yang bergelombang pun menurut Basuki tidak ada masalah dari sisi konstruksi bangunan. Sehingga ia menjamin selama pengoperasiannya tidak akan terjadi masalah.

Secara umum dari aspek keamanan, Jalan Tol Layang Japek II telah memenuhi semua kriteria dan aman untuk digunakan. (ZH)

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo