Sempat Tertunda, LRT Jabodebek Tahap Pertama Cibubur-Cawang Diuji Coba 18 Oktober

image

PropertiNews.id, Tangerang – Kereta moda Lintas Raya Terpadu (LRT) Jabodebek sudah datang dan akan diuji coba. Kementerian Perhubungan (Kemenhub) rencananya akan melakukan uji coba pada 18 Oktober-18 November 2019. Uji coba tahap pertama yang dilakukan di jalur Cibubur- Cawang ini tertunda dari bulan September lalu.

Uji coba ini disebut tes dinamis dengan item tes meliputi Traction System Test, Low Speed Test, High peed Test, Traction Performance Test, dan PID (Passenger Information Display) System Test.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, uji coba ini akan dilakukan di satu rangkaian kereta (trainset) yang terdiri dari enam kereta. Satu rangkaian kereta ini telah diangkat ke lintasan kereta layang (elevated) di Stasiun Harjamukti, Cibubur.

“Tahap pertama ini satu bulan dulu berarti sampai 18 November, bertahap kan. Kita kan ada 31 trainset, dan kita juga ada uji sarana dan prasarananya” kata Budi.

Budi juga menyebut akan ada 31 trainser LRT da datang setiap bulan. Satu trainset LRT terdiri dari 6 kereta dengan masing-masing kapasitas sekitar 250 orang. Artinya, LRT bisa menampung hingga 1.500 orang dalam sekali jalan. Sementara itu, selang waktu antar kereta hanya 3 menit.

Baca Juga  : Praktik Mafia Tanah Triliunan Rupiah Dibongkar Kementerian ATR dan Polri

Uji coba dilakukan untuk masing-masing kereta LRT Jabodebek. Dengan begitu diperkirakan dibutuhkan waktu satu tahun untuk melakukan uji coba semua rangkaian kereta.

Budi Karya juga menegaskan bahwa Cibubur-Cawang tidak akan dioperasikan terlebih dahulu meskipun progresnya paling maju. Pengoperasian LRT Jabodebek dilakukan serentak pada November 2021. (ZH)

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo