Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Mendesain Taman Minimalis

image

PropertiNews.id, Tangerang - Memiliki taman di rumah tentu menyenangkan bagi kebanyakan orang. Dengan memiliki taman, rumah akan terlihat lebih asri dan indah. Selain itu, taman juga dapat berfungsi sebagai penghasil oksigen sehingga udara di lingkungan rumah terasa lebih segar.

Keterbatasan seringkali menjadi permasalahan, dengan lahan yang sedikit, keinginan untuk membangun taman akan sulit terealisasi. Untuk itu, perlu diketahui bahwa tidak semua taman membutuhkan lahan yang relatif luas, konsep taman minimalis dapat menjadi pilihan jika lahan yang tersedia cenderung sempit.

Pada dasarnya, pola taman minimalis disesuaikan dengan dimensi lahan yang tersedia, sehingga kerangka taman sesuai dengan konstruksi desan dan profil rumah Anda. Berikut beberapa hal yang harus diperhatikan saat mendesain taman minimalis.

1.       Pertimbangan Luas Lahan

Dalam membangun taman minimalis, pertimbangan luas lahan menjadi faktor penentu. Berdasarkan informasi mengenai luas lahan yang tersedia, Anda dapat menentukan tipe tumbuhan yang dapat ditanam. Jika tipe tumbuhan tidak diperhitungkan, tanaman yang Anda tanam mungkin saja tumbuh menjadi sangat besar sehingga tidak sesuai dengan dimensi luas lahan.

Jika Anda memiliki lahan yang cukup luas, Anda dapat menanam sesuai dengan keinginan. Namun jika lahan yang tersedia cenderung terbatas, Anda perlu mempertimbangkan secara hati-hati jenis tanaman yang akan digunakan. Sebagai contoh, bambu kuning mini dapat menjadi pilihan yang baik untuk taman dengan lahan terbatas di sebuah rumah bergaya minimalis.

Untuk memaksimalkan lahan yang tersedia, Anda dapat menggunakan tanaman hidroponik yang diletakkan secara vertikal. Dengan ini, taman minimalis dalam lahan terbatas akan terlihat indah dan menarik.

2.       Tata Letak Tanaman

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, pemilihan tanaman yang tepat merupakan hal yang harus dilakukan dalam membangun taman minimalis. Selain itu, tanaman yang digunakan juga harus diletakkan pada lokasi yang tepat. Sebagai contoh, bambu kuning mini dapat diletakkan di sudut taman, sehingga dapat berperan sebagai tanaman hias sekaligus pembatas. Anda juga dapat menempatkan bunga Aster di satu sisi taman.

Tata letak merupakan elemen penting dalam taman minimalis. Perencaan yang baik merupakan faktor keberhasilan dalam membangun taman yang indah. Anda juga dapat menambahkan beberapa tanaman yang dapat memaksimalkan ruang vertikal yang tersedia.

3.       Gunakan Wadah yang Memiliki Nilai Estetik

Anda tentu ingin taman yang dibangun terlihat cantik dan memiliki nilai estetik. Anda dapat memanfaatkan pot gantung yang lucu dan menggemaskan lalu mengisinya dengan tanaman hijau. Selain itu, Anda juga dapat menggunakan rak yang terbuat dari kayu palet bekas. Rak ini dapat menampung tanaman kecil secara vertikal sehingga Anda dapat memaksimalkan ruang yang tersedia di taman minimalis Anda.

Sebuah tempat tanaman bertingkat merupakan salah satu cara paling efektif untuk mendapatkan ruang ekstra sekaligus pemanis untuk sebuah taman kecil. Tempat tanaman ini dapat berbentuk undakan tangga atau lurus ke atas. Manfaatkan dinding Anda dengan menyandarkan atau menggantung tempat tanaman ini.

4.       Saluran Air

Air tentu menjadi elemen penting demi keberlangsungan hidup tanaman. Oleh karena itu, Anda harus memperhatikan sistem saluran air yang dapat mengakomodasi kebutuhan ini. Jangan sampai taman minimalis yang Anda bangun jadi berantakan karna Anda melupakan hal ini.

Gunakan penyiram tanaman otomatis atau Anda juga dapat menggunakan selang. Pastikan sistem air berada dalam jarak yang tidak terlalu jauh sehingga Anda akan dengan mudah menyiram tanaman di taman minimalis Anda. (RT)

 

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo