Cara Membuat Taman Vertikal di Ruang Keluarga

image

NataProperty.com,Tangerang - PernahkahAnda terpukau melihattaman vertikaldi pusat perbelanjaan atau gedungperkantoran? Kombinasi jenis dan warna tanaman hiasyang apik bisa menjadi dekorasi sekaligus suplai oksigen gratis untuk lingkungan.

Taman vertikal juga semakin populer dipilih sebagai solusipenghijauandi tengah terbatasnya lahan. Namun, banyak orang yang engganmembuat taman vertikal di rumah karena tidak tau cara merawatnya. Sebenarnya,taman vertikal khususnya di dalam ruangan relatif mudah perawatannya, lho.Ukurannya juga lebih kecil, disesuaikan dengan luas ruangan.

Terpenting, harus ada asupan cahaya dan air yang cukup untukmembuatnya tetap segar. Jadi, pilihlah jenis tanaman yang mudah perawatan dantidak membutuhkan banyak air. Simak langkah singkat membuat taman vertikal

1. Perawatan khusus

Tanaman membutuhkan cahaya yang cukup untuk melakukan fotosintesis,dan cahaya matahari adalah pencahayaan terbaik untuk mereka. Usahakanmeletakkan taman vertikal di ruangan yang terkena pantulan sinar mataharilangsung. Bagaimana jika rumah Anda tidak punya banyak jendela? Anda bisamenginstalasi sebuah lampu yang berfungsi menyinari tanaman seperti halnyamatahari. Teknologi tersebut diberi nama grow light.

Di negara empat musim, lampu grow light mengeluarkan pancaran panaskonstan lebih dari 70 Fahrenheit untuk menghangatkan tanaman di musim dingin.Selain cahaya, ternyata suhu ruangan juga berperan penting. Ada beberapa jenistanaman yang membutuhkan suhu ruangan yang rendah di malam hari. Untuk itu,pilih dengan cermat jenis tanaman untuk taman vertikal.

2. Media tanam

Ada dua cara membuat taman vertikal di ruangan. Yang pertama,ditanam pada media tanam yang melekat pada dinding dengan sudut kemiringan 90derajat. Kemudian yang kedua, ditanam dalam wadah pot dan ditata secaravertikal membentuk taman.

Tentu saja, cara kedua lebih mudah perawatannya. Karena jikamenggunakan media tanam yang melekat pada dinding, Anda harus menurunkannyaketika melakukan penyiraman. Kecuali, jika ingin memasang alat pengairanotomatis di rumah. Pertimbangan lain yang tak kalah penting ialah pertumbuhanakar tanaman. Siapkan wadah tanam yang lebih dalam dan lebar untuk media tanamideal. Beberapa orang khawatir media tanam yang melekat pada dinding berisikomerusak tanaman. Padahal, jika asupan cahaya, nutrisi dan air tercukupi, makatanaman akan tumbuh sempurna.

Jika disimpulkan, ada tiga tips penting untuk Anda yang baru pertamakali membuat taman vertikal:

1.      Hitung kualitas cahaya di dalamruangan dan beri pencahayaan tambahan jika perlu

2.      Jaga suhu ruangan tetap idealsupaya tanaman tumbuh sempurna

3.      Terdapat sirkulasi udara yangbaik (ventilasi dan cahaya)

Tertarik membuat taman vertikal di dalam rumah? Saatnya mulaimenyiapkan area untuk merancang taman dan pilih jenis tanaman yang paling mudahperawatannya. Setelah mencoba, Anda akan semakin mahir merawat taman vertikalpribadi. (SU)

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo