Ini Dia Berbagai Macam Jenis Atap Rumah yang Perlu Anda Tahu

image

PropertiNews.id, Tangerang – Atap menjadi pelindung rumah paling penting. Atap akan melindungi rumah dari sinar matahari dan hujan, sekaligus mempercantik tampilan rumah. Karenanya, atap rumah haruslah kokoh agar awet dan bisa melindungi rumah secara prima.

Dalam mendukung fungsi utamanya, tentu Anda perlu memilih bahan yang berkualitas, sehingga atap menjadi tahan lama. Ada beberapa jenis atap rumah dengan desain terbaru dan minimalis berdasarkan bahan permbuatannya. Berikut artikelnya untuk Anda.

Atap Rumah Tanah Liat

Pastinya Anda sangat familiar dengan jenis atap rumah berbahan tanah liat. Termasuk jenis genteng yang paling populer di Indonesia, jenis atap rumah ini diproduksi melalui proses press dan pembakaran. Jenis atap rumah tanah liat memiliki keunggulan seperti harganya yang ekonomis, tahan lama, dan cukup kuat saat dipijak.

Baca Juga : Kelebihan dan Kekurangan Membangun Rumah dengan Bata Merah vs Bata Ringan

Akan tetapi jenis atap rumah tanah liat memiliki sejumlah kekurangan, seperti mudah berlumut sehingga harus dilapisi cat terlebih dahulu, memerlukan ketelitian saat pemasangan agar terhindar dari kebocoran, tidak terlalu kuat dalam menahan angin dan idealnya harus dipasangkan pada rangka yang kuat.

Atap Rumah Beton

Genteng beton dicetak seperti genteng tanah liat. Namun biasanya genteng beton lebih bervariasi mulai dari bentuk hingga warnanya. Biasanya genteng beton ini digunakan pada rumah yang minimalis, karena mengusung gaya modern.

Genteng beton memiliki keunggulan seperti tingkat kualitas tinggi, lebih tahan lama dan awet, tahan terhadap cuaca, lebih estetik dan sangat kokoh. Sedangkan kekurangannya adalah genteng beton lebih berat dibandingkan dengan atap genteng tanah liat, dari segi harga juga lebih mahal, serta waktu pemasangan yang lebih lama.

Atap Rumah Keramik

Anda ingin membangun hunian dengan arsitektur rumah Mediterania ? Anda bisa memilih jenis atap rumah berbahan keramik. Sentuhan keramik juga bisa Anda tambahkan pada bagian depan sebagai keramik teras rumah. Tawarkan finishing glasur yang estestik, jenis atap rumah keramik siap memberikan kesan mewah pada rumah Anda.

Atap Rumah Seng

Atap rumah dari seng sering digunakan pada warung-warung atau toko pinggir jalan. Keunggulan dari atap seng adalah minim penggunaan rangka, bobot yang cukup ringan, sangat terjangkau dibanding atap lainnya. Sedangkan kelemahannya adalah pemasangan memerlukan paku pada rangka, mudah berkarat, memerlukan tambahan beban untuk mencegah bergesernya atap karena angin, terlihat seperti rumah yang tidak sehat ketika digunakan dalam jangka waktu yang lama, menimbulkan suara berisik saat hujan serta dapat menahan panas sehingga suhu di dalam ruangan menjadi panas.

Atap Rumah Metal

Jika Anda meengutamakan durabilitas, atap rumah berbahan genteng metal bisa Anda pilih. Jenis atap rumah ini menggunakan perpaduan berbagai bahan seperti aluminium, besi, tembaga dan seng. Saat ini, jenis atap rumah metal banyak digunakan pada bangunan seperti sekolah atau bengkel.

Baca Juga : Ini Dia Fungsi Roster Beton untuk Rumah Anda

Keunggulannya, jenis atap rumah metal sangat praktis untuk dipasang, memiliki bobot yang ringan, anti terhadap karat, anti pecah, anti bocor, tidak menimbulkan panas, tahan api, tahan angin dan fleksibel untuk dipasang di berbagai bidang. Dibalik banyaknya kelebihan, jenis atap rumah metal terkenal dengan harganya yang mahal serta memerlukan ketelitian tinggi saat memasangnya. (ZH) 

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id
Media Properti Paling Aktual

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Nata Connexindo

Nata Connexindo adalah Konsultan & Partner Digital Marketing dengan paket digital lengkap. NATA menjadi solusi untuk kebutuhan digital berbagai bisnis

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo