Mau Bikin Kolam Ikan di Rumah? Berikut Langkah-langkahnya!

image

Propertinews.id, Tangerang – Anda salah satu orang yang suka merasa bosan ketika di rumah? Kalau ya, coba hadirkan kolam ikan di dalam hunian Anda. Meski terlihat tak terlalu penting, kolam ikan dapat membuat pikiran Anda jauh lebih tenang dengan kucuran air dan ikan-ikan yang berenang indah.

Tak hanya menenangkan pikiran, kehadiran kolam ikan juga membuat rumah Anda jauh lebih cantik dan asri. Apa lagi kolam tersebut dilengkapi dengan berbagai tumbuhan hijau di dalamnya. Bagi sebagian orang, membuat kolam ikan adalah hal tabu. Mereka hanya membuat kolam ikan ala kadarnya tanpa memperhatikan estetikanya.

Lantas, apa saja yang harus diperhatikan dalam membuat kolam ikan? Berikut langkah-langkahnya.

Lokasi Kolam

Sebelum memulai pembuatan kolam, langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah mementukan lokasi kolam. Karena lokasi kolam juga menentukan kesehatan ikan yang Anda pelihara. Semsisal kolam tersebut di dalam ruangan, sudah pasti kurang terkena cahaya matahari sehingga mengganggu pertumbuhan ikan.

Sebaiknya, kolam ikan dibangun di tempat yang terkena sinar matahari cukup. Tidak terlalu panas, tapi tidak juga terlalu lembab dan tidak terkena cahaya matahari langsung. Pencahayaan yang baik dapat memicu perkembangan ikan, kendati demikian pencahayaan juga menimbulkan banyak lumut pada kolam Anda.

Desain Kolam

Pada umumnya, desain kolam terdiri dari tiga bentuk dasar, yaitu persegi, lingkaran atau elips, dan bebas. Masing-masing bentuk harus disesuaikan dengan keadaan rumah. misalnya, kolam berbentuk persegi cocok diaplikasikan di rumah yang bergaya formal. Kolam berbentuk lingkaran sangat pas dibangun di rumah bergaya elegan.

Terakhir, untuk bentuk bebas, cocok diaplikasikan pada rumah wisata dan penginapan seperti vila dan hotel. Gaya bebas juga cocok untuk rumah dengan nuansa alami pedesaan dan tanah pekarangan rumah yang cukup luas.

Kualitas Air

Salah satu faktor penting dalam memelihara ikan adalah kualitas air. Ikan-ikan pada umumnya harus berada di air dengan kualitas yang baik. Anda harus memperhatikan pH air pada kolam, biasanya kualitas air yang baik memiliki pH sekitar 7.

Tingkat keasaman air yang lebih dari 7 memiliki risiko kematian yang tinggi untuk ikan-ikan karena adanya  racun amonia.

Filter Air Kolam

Selain kualitas air yang harus baik, filter air kolam juga harus Anda perhatikan agar kualitas air selalu terjaga. Fungsi filter air pada kolam ikan adalah untuk mengontrol oksigen dalam air kolam agar berada dalam jumlah yang cukup untuk kehidupan ikan. Hal ini dikarenakan banyak ikan yang membutuhkan oksigen.

Jika tidak ada filter, maka kotoran ikan akan bercampur dan tidak terurai. Hal ini tentu akan menimbulkan penyakit untuk ikan-ikan. (MDA)

 

Bagikan Artikel ini:

Artikel Terkait

PropertiNews.id
Media Properti Paling Aktual

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Nata Connexindo

Nata Connexindo adalah Konsultan & Partner Digital Marketing dengan paket digital lengkap. NATA menjadi solusi untuk kebutuhan digital berbagai bisnis

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo