Buat Garasi Anda Lebih Rapi dengan Tips Berikut Ini

image

PropertiNews.id, Tangerang – Garasi seringkali menjadi bagian dari rumah yang tidak tertata rapi. Banyak orang menggabungkan fungsi garasi sebagai tempat penyimpanan kendaraan seperti mobil dan motor serta berfungsi sebagai gudang penyimpanan barang. Hal ini tentu dapat menyebabkan garasi terlihat lebih sempit dan berantakan.

Jika Anda memanfaatkan garasi sebagai gudang dadakan untuk menyimpan perkakas yang tak terpakai, maka Anda perlu menyimak artikel ini. Selain kenyamanan, garasi yang tidak rapi akan merusak barang-barang yang disimpan di dalamnya.

Simak beberapa tips berikut untuk membantu Anda menata garasi secara lebih efisien.

1.       Pembersihan Secara Teratur

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah membersihkan garasi. Buang sampah, dan bersihkan kotoran, debu, dan sarang laba-laba yang ada. Jika cat sudah terlihat kusam, Anda dapat mengecat ulang dinding sehingga terlihat lebih segar dan menarik.

Untuk menjaga kebersihan garasi selalu terjaga, Anda perlu menjadwalkan pembersihan secara rutin. Atur waktu untuk membersihkan garasi setidaknya satu minggu sekali. Selain itu, untuk memudahkan, letakkan tempat sampah dekat dengan pintu garasi sehingga Anda dapat membuang sampah dengan lebih mudah. Barang yang disimpan juga perlu ditata dengan rapi agar debu dan kotoran lebih mudah untuk dibersihkan.

Baca Juga: Tips Menata Pekarang Rumah Bagi Pemula

2.       Penataan Ulang

Seperti yang telah disebutkan di atas, Anda perlu merapikan barang-barang yang disimpan di garasi. Kelompokkan barang-barang sesuai keguanan dalam satu tempat di sudut garasi. Buat pembagian zona untuk penyimpanan yang lebih efektif. Dengan pembagian zona, sistem dan sirkulasi di garasi akan tertata dengan baik.

Anda dapat membagi zona berdasarkan kegunaan barang dan frekuensi penggunaannya. Ukuran barang juga dapat menjadi kriteria, letakkan barang yang berukuran besar dengan barang yang memiliki ukuran sama. Dengan ini, Anda dapat memastikan agar barang yang disimpan terorganisir dengan baik.

Selain itu, Anda dapat memanfaatkan langit-langit garasi dengan membuat partisi untuk penyimpanan. Berhubung penyimpanan di langit-langit cenderung sulit untuk dijangkau, simpan barang yang jarang digunakan.

3.       Rak Penyimpanan

Rak penyimpanan merupakan elemen penting dalam sistem penataan garasi. Gunakan rak yang dapat menyimpan berbagai macam barang sesuai kebutuhan, dan simpan barang di rak berdasarkan kategori.

Penggunaan rak penyimpanan akan membantu Anda untuk menjaga kebersihan barang yang disimpan. Pasang rak dinding untuk menyimpan alat-alat seperti palu, obeng, selang, dan lain-lain. Dengan ini, Anda juga dapat memanfaatkan ruang vertikal yang tersedia secara lebih efektif.

Baca Juga: Tips Menata Kamar Tidur untuk Tiga Anak

4.       Gunakan Tenaga Profesional

Meskipun terkesan sepele, penataan garasi terkedang dapat menguras tenaga Anda. Untuk penataan yang maksimal, Anda dapat meminta jasa desainer interior untuk membuat rancangan interior garasi sehingga penataan dan perawatan menjadi lebih baik.

Dengan tenaga profesional, Anda dapat mendiskusikan ide yang Anda miliki dan bagaimana efisiensi ide Anda jika diterapkan. Jasa desain interior tentu akan menghemat waktu dan tenaga Anda.

Ikuti tips yang ada dalam artikel ini untuk penataan ulang garasi Anda. Hal yang perlu diingat adalah Anda perlu menjadwalkan perawatan dan pembersihan garasi Anda secara teratur. Hal ini diperlukan agar garasi selalu terlihat rapi dan bersih. Jika Anda tidak melakukan hal ini, tentu garasi akan kembali berantakan sehingga memerlukan waktu dan tenaga yang lebih banyak untuk menatanya kembali. (RT)

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo