Keuntungan Rumah Bersih yang Bisa Didapatkan

image

PropertiNews.id, Tangerang – Anda tentu berpikir bahwa rumah memang harus senantiasa dijaga kebersihannya. Mungkin pandangan ini dilandasi oleh pengaruh dari orang tua, atau mungkin tekanan sosial yang membuat Anda berpikir bahwa menjaga kebersihan merupakan sebuah keharusan.

Namun apakah ada dampak ketika rumah Anda menjadi berantakan? Terdapat beberapa keuntungan yang telah dibuktikan secara ilmiah terkait kebersihan rumah. Rumah yang kotor dan tidak tertata dengan baik dapat mempengaruhi kesehatan mental dan fisik Anda.

Terkadang, Anda memerlukan sedikit dorongan untuk membantu Anda membentuk kebiasan baru yang baik. Oleh karena itu, berikut beberapa alasan mengapa Anda harus selalu menjaga kebersihan rumah Anda.

1.       Tidak Gampang Stres

Rumah yang berantakan dapat menyebabkan mental yang berantakan pula. Anda mungkin berpikir bahwa Anda sudah terbiasa dengan kondisi rumah yang berantakan, namun ternyata hal ini mempengaruhi Anda dengan lebih dalam daripada yang Anda sadari.

Baca Juga: Simak Ciri Rumah Sehat untuk Keluarga Berikut Ini

Hasil penelitian dari Personality and Social Psychology Bulletin menunjukkan bahwa peremuan dengan rumah yang berantakan memiliki tingkat kortisol yang lebih tinggi dibandingkan mereka dengan rumah yang lebih rapih. Hal ini menunjukkan bahwa tingkat stres berhubungan dengan ruang di rumah Anda.

2.       Menjadi Lebih Aktif

Membersihkan rumah dapat membuat Anda bergerak, sehingga Anda menjadi lebih aktif. Meski membersihkan rumah tidak membakar kalori sebanyak saat Anda berolahraga, setidaknya Anda lebih banyak melakukan gerakan dibandingkan hanya duduk di sofa. Menjaga kebersihan rumah berarti Anda melakukan gerakan tubuh sepanjang minggu.

3.       Menjadi Lebih Produktif

Saat Anda memiliki tugas yang tidak ingin Anda kerjakan, pernahkan Anda hanya melihat ke sekeliling ruangan sebagai distraksi? Penataan yang tidak baik memudahkan Anda untuk menemukan hal yang dapat Anda gunakan sebagai alasan untuk menunda pekerjaan. Ketika semua tertata dengan baik, Anda tentu dapat dengan mudah menyelesaikan tugas.

4.       Makan Lebih Sehat

Pernahkah Anda merasakan keinginan untuk makan junk food saat Anda mengalami stres? Hal ini merupakan respon alami dari tubuh terhadap stres, dan rumah yang berantakan dapat memicu stres. Saat Anda membersihkan rumah, tidak hanya keinginan untuk memakan makanan tidak sehat akan hilang, namun Anda akan lebih memilih untuk makan makanan sehat.

Baca Juga: Begini Kriteria Rumah Sehat untuk Anda

Penelitian dari Psychology Science menunjukkan bahwa orang yang bekerja dalam ruang yang rapi cenderung untuk memilih makanan sehat seperti apel dibandingkan orang yang bekerja di tempat yang berantakan.

5.       Tidur Lebih Baik

Ketika rumah bersih dengan penataan yang baik, Anda dapat melihat sekitar sebelum tidur tanpa melihat hal yang perlu dibersihkan saat Anda sudah berada di atas kasur. Survei yang dilakukan oleh National Sleep Foundation menunjukkan bahwa hanya dengan merapikan tempat tidur setiap pagi dapat meningkatkan kesempatan untuk tidur yang lebih baik sebanyak 20 persen.

6.       Lebih Jarang Sakit

Rumah yang bersih dapat mengurangi tempat untuk kuman dan bakteri singgah. Selain itu, debu dan alergen yang ada di dalam karpet dan kasur juga dapat memicu alergi dan asma. Keuntungan kesehatan dari rumah yang bersih sudah sangat jelas. Jika Anda ingin menjaga kesehatan Anda dan keluarga, maka membersihkan rumah secara rutin merupakan sesuatu yang harus dilakukan. Perlu diingat bahwa semakin banyak barang yang Anda miliki, maka semakin sulit rumah dibersihkan.  (RT)

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo