Simak Ciri Rumah Sehat Untuk Keluarga Berikut Ini

image

PropertiNews.id, Tangerang – Memiliki keluarga yang sehat tentu menjadi prioritas setiap keluarga. Kondisi tempat tinggal merupakan salah satu faktor utama bagi kesehatan keluarga. Anda akan sulit untuk mengontrol lingkungan kerja atau tempat aktifitas di luar rumah anggota keluarga yang lain, oleh karena itu, salah satu yang dapat Anda lakukan adalah membangun rumah yang sehat.

Perbandingan luas bangunan dan jumlah penghuni dapat mempengaruhi kesehatan rumah dan keluarga. Hal ini berhubungan dengan penyakit Tuberculosis (TBC) karena kepadatan ruangan dan jumlah penghuni berhubungan dengan penularan TBC.

Rumah yang sehat perlu perencanaan yang baik serta perawatan yang dilakukan oleh penghuni rumah sehingga kondisi bangunan dan kebersihan dapat terjaga dengan baik. Untuk membangun rumah yang sehat, Anda dapat memperhatikan ciri-ciri berikut ini.

1.       Lingkungan Rumah yang Kering

Rumah yang sehat dibangun dengan menjaga agar sistem saluran air dan saluran pembuangan terjaga dengan baik dan memastikan tidak terjadi kebocoran. Kondisi sistem bangunan dikonstruksi dalam lingkup ruangan yang dapat dikontrol.

Perembesan dan kebocoran rumah akan menyebabkan rumah menjadi lembab dan memicu tumbuhnya jamur sehingga dapat mengganggu kesehatan penghuni. Selain itu, udara yang lembab juga tidak baik bagi kesehatan keluarga di lingkungan tempat tinggal.

2.       Jaga Kebersihan Rumah

Pastikan sistem bangungan memungkinkan rumah terbebas dari debu, asap, kotoran, dan kontaminan lainnya. Perhatikan lingkungan sekitar dan cermati sumber kontaminan yang masuk dalam rumah.

Jika rumah Anda terletak di pinggir jalan yang cukup ramai, sistem bangunan harus dikonstruksi berbeda dengan rumah yang berada di kompleks perumahan. Anda dapat menggunakan gorden kayu atau besi yang dapat lebih mudah dibersihkan dengan menggunakan lap. Selain itu, pastikan Anda menggunakan alat penyedot debu dan air purifier.

3.       Bangunan yang Aman

Perhatikan aspek keamanan dari rumah. Bentuk, fungsi, hingga peralatan yang aman merupakan salah satu ciri rumah yang sehat. Pemilihan peralatan perlu dipertimbangkan dengan baik berdasarkan tingkat keamanan dan efektifitas penggunaan.

Jika sebuah rumah dibangun tanpa pertimbangan keamanan, penghuni dapat mengalami kecelakaan di dalam maupun sekitar rumah yang dapat membahayakan kesehatan dan keselamatan mereka.

4.       Terbebas dari Zat Kimia Berbahaya

Pastikan rumah Anda menggunakan cat dan produk bangunan yang aman dan tidak mengganggu kesehatan. Zat kimia yang dapat menyebabkan kontaminasi tentu dapat meningkatkan resiko kesehatan, baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang.

Hindari penggunaan produk bangunan yang memiliki kandungan formaldehida atau formalin agar kesehatan keluarga dapat selalu terjaga. Selain itu, penggunaan racun serangga juga perlu diperhatikan. Tutup ruangan yang disemprot dengan cairan pembunuh serangga dan tunggu hingga beberapa menit sampai gas menghilang. Jika memungkinkan, hindari penggunaan racun serangga dan cegah dengan memasang kawat nyamuk yang efektif.

5.       Saluran Udara yang Baik

Rumah yang sehat memiliki sistem sirkulasi udara yang baik. Hal ini diperlukan agar udara di dalam rumah tidak terasa pengap.

Anda dapat memasang ventilasi untuk memperlancar pertukaran udara segar. Sistem saluran udara yang baik ditandai dengan ventilasi di setiap ruangan.

6.       Dirawat Secara Teratur

Perawatan rumah yang baik merupakan elemen penting untuk membangun rumah yang sehat. Jadwalkan waktu untuk membersihkan dan melakukan perawatan rumah. Anda dapat mengajak penghuni lain untuk ikut dalam kegiatan ini, atau dengan menggunakan jasa profesional.

Dengan perawatan secara teratur, kesehatan keluarga tentu akan terjaga setiap saat. (RT)

 

 

 

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo