Tips Menata Dapur Kecil Secara Efisien

image

PropertiNews.id, Tangerang - Rumah tidak akan lengkap jika tidak memiliki dapur. Dapur berguna sebagai tempat yang menyokong kehidupan sehari-hari di rumah. Penggunaan dapur dapat beragam mulai dari persiapan makanan hingga tempat untuk bercengkrama dengan anggota keluarga lainnya.

Dapur yang tidak terlalu luas tentu dapat membatasi kegiatan yang dapat dilakukan. Namun, dapur yang kecil tidak berarti Anda tidak dapat membuat dapur menjadi lebih menarik dan efisien.

Untuk dapat memaksimalkan ruang yang tersedia di dapur, Anda dapat mengikuti beberapa langkah berikut ini.

1.       Letakkan Alat Dapur Berdasarkan Penggunaan

Jika Anda tidak memiliki kitchen set, maka Anda dapat menata dapur Anda dengan meletakkan alat dapur berdasarkan kebutuhan. Pisahkan alat-alat dapur yang digunakan setiap hari dan yang tidak digunakan setiap hari serperti oven, microwave, dan lain sebagainya. Untuk bumbu masak dan alat masak utama, Anda dapat meletakkannya di area memasak. Letakkan bumbu masak di laci kabinet dekat kompor agar lebih mudah untuk dijangkau.

Untuk peralatan dapur yang sesekali digunakan, Anda dapat menyimpannya di lemari dapur, atau lemari penyimpanan lain sehingga tidak akan mengganggu Anda memasak. Pisahkan alat dapur berdasarkan prioritas kebutuhan Anda sehari-hari. Anda juga perlu memisahkan alat dapur yang sudah berkarat atau rusak dengan menyimpan di gudang atau membuang ke tempat sampah.

2.       Maksimalkan Ruang Vertikal

Dinding dapur dapat menjadi ruang penyimpanan secara vertikal yang efektif. Dengan memanfaatkan dinding, Anda dapat menggantung peralatan memasak Anda. Pasang gantungan yang dapat berupa pengait untuk hal ini atau Anda dapat menggunakan rak gantung sederhana yang lain.

Gantung wajan, kain lap, spatula, dan alat lainnya di rak penyimpanan ini. Anda dapat menghemat banyak ruang sehingga kabinet dapat menjadi tempat penyimpanan untuk alat memasak lainnya. Pada bak cuci piring, gantung rak piring dengan paku untuk secara efektif meniriskan air sehingga Anda tidak membutuhkan dua tempat untuk meniriskan dan menyimpan piring.

3.       Rak Gantung

Rak dinding masih menjadi pilihan utama untuk memaksimalkan ruang di dapur. Anda dapat menggunakan rak untuk menyimpan peralatan makan atau bumbu masak. Sebagai tambahan, gunakan rak penyimpanan yang memiliki pintu kaca untuk membuat dapur terkesan lebih luas

Rak ini juga dapat menyimpan bingkai foto atau bunga sehingga dapur terlihat lebih menarik. Dengan ini, Anda akan lebih leluasa dalam memasak karena tidak terganggu dengan rak penyimpanan yang berada di lantai.

4.       Buat Rak di Bawah Bak Cuci Piring

Anda dapat membuat kabinet di bawah bak cuci piring Anda. Tempat ini dapat dimanfaatkan untuk menyimpan alat pembersih seperti cairan pembersih lantai, sabun cuci piring, tong sampah, serta alat dapur lainnya seperti panci besar, nampan, dan lain sebagainya. Pastikan alat yang Anda simpan di bawah bak cuci piring bukan barang yang dapat hancur jika terkena air. Hal ini perlu untuk dipikirkan mengingat kemungkinan kebocoran yang mungkin terjadi di saluran pembuangan sehingga dapat merusak barang di bawahnya.

5.       Gunakan Alat Dapur Yang Lebih Kecil

Menggunakan alat dapur terbaik dan lengkap tentu impian bagi setiap pemilik rumah. Namun, hal yang perlu diingat adalah ruang yang tersedia dan ukuran perangkat dapur yang diinginkan. Anda dapat menghemat ruang dengan mengisi dapur Anda dengan perangkat dapur yang berukuran kecil.

Dengan alat dapur yang besar, dapur akan terlihat lebih sempit. Anda dapat mengganti panci besar yang digunakan dengan panci berukuran kecil atau sedang sesuai kebutuhan. Dengan ini, Anda tentu dapat menghemat ruang yang dapat digunakan untuk keperluan lain di dapur Anda. (RT)

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo