Tips Menata Ruang Tamu dengan Feng Shui

image

Propertinews.id, TangerangBagi masyarakat tiongkok dan keturunan tiongkok yang ada di Indonesia, Feng Shui adalah salah satu warisan budaya leluhur yang hingga kini masih di aplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Feng Shui merupakan pengetahuian dan seni Tiongkok kuno yang jika diaplikasikan, serta dipercaya membawa keberuntungan atau hoki.

Rumah tempat tinggal juga dipandang sebagai salah satu sumber keberuntungan di dalam Feng Shui, sehingga penataannya-pun harus mengkuti kaidah-kaidah tertentu. Oleh karena itu, untuk mendatangkan keberuntungan bagi pemilik rumah penataan yang sesuai dengan prinsip Feng Shui perlu diterapkan.

Baca Juga: Penataan Dapur Menurut Feng Shui

Penataan ruang tamu dapat memberikan perasaan, emosi, dan energi tertentu sebelum menjelajah ke seluruh ruangan di rumah. Sehingga, ruang tamu memiliki peran istimewa dalam Feng Shui. Bagaimana cara mendekorasi ruang tamu dengan prinsip Feng Shui? Simak selengkapnya di sini.

Perhatikan Fungsi

Sebelum Anda membeli furnitur, Anda harus mempertimbangkan fungsi ruang tamu dan aktivitas apa yang akan dilakukan di dalamnya. Apakah ruang tamu Anda juga digunakan untuk bersantai, bekerja, atau hanya untuk menerima tamu saja.

Memahami fungsi ruangan menjadi panduan jenis furnitur apa dan berapa banyak yang digunakan. Untuk mengoptimalkan Feng Shui, penting memastikan Anda mengakses semua furnitur tanpa terhalang apapun sehingga Anda dapat bergerak dengan leluasa.

Perhatikan Posisi Tempat Duduk

Posisi tempat duduk memegang peran penting dalam Feng Shui. Feng Shui terbaik untuk posisi tempat duduk adalah menetapkan “posisi komando” tempat duduk tuan rumah. Posisikan tempat duduk atau sofa tuan rumah sehingga dapat melihat jelas siapa yang masuk setiap saat. Hal ini sangat penting karena menurut Feng Shui, pemilik rumah yang bisa mengontrol rumahnya akan dapat menjaga dan melindungi keluarga dari bahaya.

Memilih Warna Rumah

Memilih warna dalam Feng Shui dapat ditentukan melalui arah kompas atau lima elemen, misalnya jika ruang tamu Anda menghadap selatan, Anda disarankan memilih warna dengan tone hangat seperti mewah, kuning, dan warna cerah lainnya. Namun, jangan menggunakan terlalu banyak variasi warna agar ruang tamu terlihat tetap tegas dan stabil.

Menggantung Cermin pada Lokasi Strategis

Cermin di dalam Feng Shui dipandang dapat menggandakan energi. Meletakkan cermin di ruang tamu juga baik menurut Feng Shui. Namun jika Anda ingin mendekorasi ruang tamu dengan lebih dari satu cermin, Anda harus meletakkan kedua cermin tersebut dalam satu dinding. Cermin yang memantulkan kepala hingga dada dipandang lebih baik dari cermin yang hanya memantulkan sebagaian anggota badan saja. Oleh karena bijak dalam memilih dan meletakan cermin sangat penting dalam Feng Shui.

Mentimpan Tanaman atau Tumbuhan di Ruang Tamu

Tanaman atau tumbuhan memainkan peran penting dalam kurasi Feng Shui. Tanaman akan menambah energi kehidupan di ruang tamu. Tanaman juga akan membuat ruang tamu terkesan lebih segar dan alamiah. Tanaman-tanaman seperti English Ivy, Rubber Tree, Bamboo, dan Succulents dapat Anda pilih untuk menghiasi ruang tamu Anda.

Maksimalkan Penerangan Alami

Cahaya memiliki konotasi yang baik di dalam Feng Shui. Cahaya erat kaitannya dengan energi api yang menghangatkan. Oleh karena itu, ruang tamu yang disinari oleh pencahayaan alami dapat memberikan kehangatan bagi tamu yang hadir dan tuan rumah, sehingga mengobrol menjadi lebih seru dan ikatan antara tamu dengan tuan rumah menjadi semakin erat.

Demikianlah sedikit tips untuk menata ruang tamu menurut Feng Shui. Dengan mengaplikasikan cara menata ruang tamu di atas, Anda akan mendatangkan ketentraman dan keberuntungan di rumah Anda. Namun tetap saja, Feng Shui merupakan tradisi yang diwariskan oleh budaya sehingga tidak dapat dijadikan satu-satunya patokan bagi keberuntungan Anda. Selamat mencoba. (ADR)

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo