5 Pertanyaan Jitu untuk Mengecek apakah Pengembang Properti Kredibel

image

Propertinews.id - Tangerang, Ketika Anda memutuskan untuk memilih berinvestasi di bidang properti, yang Anda harus lakukan adalah memilih pengembang properti dengan reputasi mentereng. Mengapa? Karena pengembang ini biasanya akan memberikan growth value pada properti yang Anda minati.

Baca Juga: Yuk Ketahui Perbedaan Antara Notaris dan PPAT

Namun memilih developer adalah pekerjaan yang memerlukan ketelitian. Bagi Anda yang masih pemula, memilih pengembang properti yang memiliki reputasi oke mungkin menjadi pekerjaan yang rumit. Tapi jangan ragu, ini dia tips yang bisa Anda lakukan untuk mempermudah pekerjaan Anda memilih developer properti handal. Anda harus mau mengajukan beberapa pertanyaan sederhana dan jitu pada developer yang Anda minati, apa saja pertanyaanya? Simak bersama-sama.

Apakah Anda Memiliki Maket Rencana Bangunan atau Contoh Bangunan yang Akan Dibangun?

Pertama, sebagai developer properti, tentu saja pengembang yang berpengalaman akan menyediakan semua informasi yang diperlukan calon klien. Hal tersebut biasanya dapat berbentuk maket bangunan dan informasi komposisi bahan bangunan yang akan Anda beli. Selain itu, jadwal perencanaan pengerjaan proyek juga bisa anda dapatkan dengan mudah. Jika Anda mendapati developer yang menyediakan seluruh informasi yang Anda perlukan, maka kemungkinan Anda sedang berurusan dengan developer berpengalaman.

Bagaimana dengan Status Lahan yang Akan Dibangun?

Kedua, hal yang wajib anda ketahui adalah status lahan yang akan dibangun oleh pengembang. Karena hal tersebut berhubungan langsung dengan dana yang akan anda investasikan. Oleh karena itu, jika pengembang mampu menunjukan status tanah yang akan dibangun Anda juga harus melakukan cek ganda kepada pihak terkait, semisal Badan ATR/BPN untuk mendapatkan informasi tambahan tentang status lahan tersebut.

Dengan Bank Apa Saja Perusahaan Ini Menjalin Kerjasama KPR?

Ketiga, developer yang baik tidak akan mengandalkan sebuah bank saja untuk menangani KPR propertinya. Sebuah pengembang properti yang handal akan melakukan kerjasama dengan banyak bank. Hal ini akan lebih menguntungkan bagi pengembang, karena akan memperluas aksesibilitas finansial, dan kepraktisan.

Apa Saya Dapat Meminta Portofolio Perusahaan ini?

Keempat, sepak terjang sebuah perusahaan akan memberikan gambaran kepada Anda tentang kredibilitas pengembang properti. Portofolio pengembang properti dapat dilihat dari proyek-proyek sebelumnya. Oleh karena itu, bagi Anda yang ingin berinvestasi properti wajib melihat sepak terjang pengembang yang anda minati. Oleh karena itu Anda berhak untuk bertanya portofolio pengembang bersangkutan. Jika pengembang dengan senang hati memberikan portofolionya, pengembang yang Anda hadapi hampir dipastikan handal.

Apakah Saya Dapat Meminta Rekomendasi Klien Sebelumnya?

Kelima, ini adalah pertanyaan final yang bisa anda ajukan kepada pengembang properti. Kebanyakan pengembang akan menolak untuk memberikan data klien karena permasalahan privasi. Tapi Anda dapat menghindari pelanggaran privasi dengan menggunakan media komunikasi kantor. Oleh karena itu, jika pengembang mampu memberikan Anda rekomendasi, maka Anda sedang berhadapan dengan developer kredibel.

Keputusan anda untuk berinvestasi di bidang Properti akan menentukan masa depan Anda. Oleh karena itu, jeli saat memilih developer adalah kewajiban yang harus Anda lakukan sedari awal. Semoga beruntung. (ADR)

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Nata Connexindo

Nata Connexindo adalah Konsultan & Partner Digital Marketing dengan paket digital lengkap. NATA menjadi solusi untuk kebutuhan digital berbagai bisnis

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo