Mau Beli Rumah Pertama? Ikuti Tips Berikut Ini

image

PROPERTINEWS.ID, TANGERANG - Membeli rumah bagi sebagian orang adalah pencapaian hidup yang harus diraih. Dalam membeli rumah, seseorang harus banyak mempertimbangkan banyak hal mulai dari budget sampai dengan lokasi rumah yang ingin dibeli. Jika Anda adalah orang yang sedang mencari rumah pertama untuk dibeli dan dihuni, berikut tips membeli rumah pertama yang dapat membantu Anda untuk membeli properti. 

1. Siapkan Budget 
Jelas sekali Anda membutuhkan uang yang lumayan banyak karena harga sebuah rumah paling minimal adalah sekitar 100 jutaan. Anda harus benar-benar siap dalam untuk hal satu ini. Sesuaikan budget dengan rumah yang Anda inginkan agar tidak perlu melakukan pinjaman bank. 

2. Riset Sumber Pinjaman
Jika Anda memutuskan untuk membeli rumah pertama dengan cara cicil, penting sekali untuk meriset sumber pinjaman. Perbanyak informasi cicilan KPR dari berbagai lembaga sehingga Anda dapat membandingkan mana yang terbaik yang sesuai dengan kemampuan finansial Anda. 

3. Hitung dengan Teliti
Hitung-hitungan dalam membeli rumah sangatlah penting karena ini menyangkut bagaimana keuangan Anda untuk masa depan. Jika Anda membeli rumah dengan cara tunai, perhitungkan apa yang akan Anda dapat dari rumah tersebut dalam jangka panjangnya. Jika Anda membeli rumah dengan cara mencicil, lakukan perhitungan pada seberapa besar cicilan per bulan, bunga nya, asuransi, dan uang muka nya. 

4. Survey Lingkungan Rumah
Mengetahui apa yang akan Anda beli adalah hal yang penting karena Anda dan keluarga yang akan menempati hunian tersebut. Lakukan survei di sekitar lingkungan dan perhatikan bagaimana kehidupan berjalan disana. 

5. Hindari Emosi Sesaat
Saat melihat-lihat rumah yang ingin dibeli, emosi menjadi salah satu hal yang harus di hindari. Jika Anda melihat satu hunian yang bagus menurut Anda, jangan gegabah untuk langsung membeli nya melainkan Anda harus melihat produk lainnya agar memiliki pembanding yang terbaik. Jadi, hindari emosi yang berlebihan adalah langkah yang baik. 

6. Lokasi 
Lokasi pun ikut memiliki andil dalam membeli rumah. Hal ini juga berperan dalam nilai investasi rumah yang Anda beli. Semakin strategis lokasi nya, maka nilai jual rumah tersebut akan semakin melambung tinggi dari waktu ke waktu. Lokasi juga penting jika Anda ingin menjangkau fasilitas umum dengan cepat. (AKB)

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo