Mengenal Tentang Akrilik dan Penggunaannya untuk Bangunan

image

 Propertinews.com, Tangerang – Akrilik memang sering disamakan dengan kaca, padahal sebenarnya akrilik merupakan bahan plastik yang mempunyai keunggulan lebih dari kaca. Kelenturan pada akrilik menjadikan bahan material jenis ini sering digunakan untuk berbagai perabotan seperti stand display, bingkai foto, atau hiasan.

Akrilik terbagi ke dalam dua jenis, yaitu:

1.      Akrilik ekstrusi

Jenis akrilik ini memiliki tekstur yang lebih lembut namun lebih mudah tergores. Keunggulannya terletak pada bahan yang dibuat dengan lembaran plastik yang lebih halus dari akrilik cetakan. Di peredaran, banyak akrilik ekstrusi yang bermutu baik. Akrilik ekstrusi dapat menjadi pilihan terbaik untuk membuat plang atau display.

2.      Akrilik cetakan

Dengan harga yang lebih mahal, akrilik cetakan mempunyai mutu yang lebih baik dari akrilik ekstrusi. Akrilik cetakan juga terbuat dari lembaran plastik yang lebih kuat, sehingga cenderung lebih tahan lama dan lebih berkualitas.

Umumnya, kaca hanya memiliki kejernihan kaca yang hanya mencakup 80-90% saja, berbeda dengan akrilik yang mempunyai kejernihan hingga 92%. Meskipun terkena sinar matahari, akrilik tetap dapat bertahan dengan warna yang sama dan tidak berubah menjadi kekuningan. Akrilik juga dapat dibentuk sesuai dengan kebutuhan dan desain yang Anda butuhkan.

Akrilik menjadi salah satu bahan material yang paling banyak digunakan sebagai kanopi rumah. Meskipun harga kanopi berbahan akrilik memang terbilang lebih mahal daripada kanopi berbahan kaca, bahan akrilik terbukti lebih kuat dan tahan lama dibandingkan kaca. Akrilik juga dapat digunakan sebagai hiasan dalam interior hunian Anda. Sifat tembus pandang yang dimiliki akrilik dapat membuat perabotan di rumah Anda terlihat lebih unik dan menarik. Khususnya, untuk etalase pajangan rumah Anda, kejernihan akrilik dapat Anda gunakan untuk hiasan pajangan yang memiliki kesan elegan dalam rumah Anda.

Keunggulan lain yang bisa Anda dapatkan adalah akrilik tidak mengkerut meskipun terkena lama sinar panas. Produk akrilik sangat aman digunakan untuk diaplikasikan ke berbagai bidang bangunan Anda, termasuk hunian rumah atau bangunan di bagian medis seperti rumah sakit.

Baca Juga: Ini Strategi untuk Memilih Arsitek

Akrilik yang paling sering digunakan adalah akrilik bening atau berwarna putih. Anda tidak perlu khawatir, karena akrilik bersifat ramah lingkungan dan tidak terbuat dari bahan yang mengandung racun. Akrilik memiliki berat yang lebih ringan dari kaca, sehingga perawatan dan kebersihannya pun lebih mudah terjaga. (JES)

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo