Ini Strategi untuk Memilih Arsitek

image

Propertinews.id, Tangerang – Membangun rumah atau bangunan lainnya tentu membutuhkan arsitek terpercaya agar desain hunian yang dihasilkan dapat menarik dan memiliki kesan tertentu. Supaya hunian yang Anda bangun sesuai dengan impian Anda, diperlukan arsitek yang profesional dan telah berpengalaman di bidangnya.

Berikut adalah strategis yang dapat Anda terapkan untuk memilih arsitek yang tepat:

1.      Perhatikan CV dan pengalamannya.

Setiap arsitek pasti memiliki portofolio yang mengandung hasil kerja yang telah dilakukan selama ini. Anda harus memperhatikan dan menganalisa portofolio tersebut dengan baik dan cermat, karena melalui portofolio, Anda bisa mengetahui jenis desain apa yang pernah dikerjakan dan gaya karakter desain yang dimiliki oleh arsitek.

2.      Tanya secara detail.

Tiap arsitek memiliki kebiasaan, cara kerja, dan fee yang berbeda-beda. Untuk itu, Anda harus mengenal lebih dalam tentang arsitek yang akan Anda pilih. Anda dapat menanyakan beberapa pertanyaan detail untuk mendapatkan informasi jelas tentang arsitek Anda. Misalnya, Anda dapat bertanya proyek apa yang pertama kali dikerjakan atau negosiasi deadline yang sesuai untuk proyek yang akan dijalani.

3.      Cari karyanya.

Apabila Anda kesulitan menemukan pilihan arsitek yang tepat, Anda bisa memulai dari hasil kerjanya yang mampu menarik perhatian Anda. Anda bisa melihat contoh bangunan rumah atau bangunan lainnya yang menginspirasi Anda, cari tahu siapa arsitek di belakangnya, lalu hubungi arsitek tersebut dan tawarkan untuk bekerjasama.

Dengan mengetahui karya-karya yang pernah dijalani oleh seorang arsitek, Anda dapat merasa lebih percaya terhadap karya yang akan dikerjakan oleh arsitek tersebut selanjutnya.

4.      Kenali klien-klien sebelumnya.

Klien yang puas terhadap hasil kerja arsitek pilihan Anda, pasti akan merekomendasikan arsitek tersebut kepada Anda dengan menyebut berbagai keuntungan yang pernah ia kerjakan. Hal ini dapat meningkatkan tingkat kepercayaan Anda dan keyakinan Anda, hingga Anda tidak perlu meragukan lagi hasil kerjanya untuk proyek Anda.

5.      Bangun hubungan baik.

Hubungan yang baik antara arsitek dengan pemilik hunian tentu semakin memudahkan komunikasi efektif yang dihasilkan. Apabila komunikasi terjalin dengan baik, bangunan yang dihasilkan pasti semakin sesuai dengan yang diharapkan oleh pemilik. Untuk menjalin hubungan baik, Anda dapat mencari tahu kepribadian arsitek pilihan Anda terlebih dahulu dan melakukan pendekatan secara personal.

 

Itu dia tips yang dapat Anda lakukan untuk memilih arsitek yang baik dan tepat untuk desain hunian Anda. Pilihlah sesuai dengan kepercayaan Anda dan diskusikan lah dengan rekan Anda agar hasil bangunan yang sudah jadi dapat sesuai dengan apa yang Anda inginkan. (JES)

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo