Ini Dia Desain Rumah Unik yang Hasil Arsitek Ternama Indonesia

image

PropertiNews.id, Tangerang – Rumah bukan hanya sekedar tempat tinggal untuk melepas lelah dan berkumpul bersama keluarga. Lebih dari itu, rumah bisa menjadi salah satu pencitraan diri seseorang dan keluarganya. Oleh karena itu, banyak orang yang berlomba-lomba untuk membuat rumahnya terlihat lebih unik daripada rumah yang lain. Mereka bahkan rela memakai jasa arsitek ternama di Indonesia.

Siapa bilang karya arsitektur di Indonesia tidak seunik dan semenarik karya arsitektur di luar ? Nyatanya banyak arsitek Indonesia yang melahirkan karya-karya unik, menarik, dan layak diapresiasi. Mulai dari bangunan komersil hingga tempat tinggal. Yuk kita simak bersama-sama desain rumah unik karya arsitektur ternama Indonesia berikut ini.

Model Rumah Go-Green

Hasil gambar untuk rumah go green indonesia

Ditengah tantangan pemasanan global yang melanda dunia, rumah sebagai bangunan yang harus menyediakan kenyamanan dapat didesain dengan konsep go-green. Konsep ini mengedepankan rumah yang ramah dan peduli lingkungan, serta memanfaatkan semua elemen arsitekruralnya untuk mendukung penghematan energi. Jendela yang memaksimalkan pencahayaan dan sirkulasi udara, serta kesejukan dari ruang di bawah kantilever membuat rumah ini memiliki model rumah unik go-green yang sagat nyaman untuk ditinggali.

Rumah Kotak Kayu – RAW Architecture

Hasil gambar untuk Rumah Kotak Kayu – RAW Architecture

Desain rumah mewah satu ini dirancang oleh Tim Realrich Architecture Workshop (RAW architecture) yang diketuai oleh Realrich Sjarief. Rumah yang terdiri dari tiga lantai dan menggunakan material kayu sebagai lantai, jendela-jendela dengan ukuran besar, dan taman yang berada di atas ini diberi nama “Rumah Kotak Kayu”.

Dengan kesan natural, rumah berbahan kayu ini membuat penghuni bisa menikmati kenyamanan baik di dalam maupun di luar rumah. Rumah yang identik dengan material kayu ini menggunakan lima tipe kayu lokal baik sebagai interior maupun eksterior. Mulai dari kayu pinus pada fasad yang terkenal akan kekuatan dan warnanya yang baik, hingga kayu besi untuk bagian lantai dalam rumah.

Baca Juga : Ini Dia Inspirasi Desain Rumah Anti Banjir yang Bisa Anda Terapkan

Rumah Miring – Budi Pradono

Hasil gambar untuk Rumah Miring – Budi Pradono

Ingin tampil berbeda dengan lingkungan sekitarnya, Budi Pradono sengaja membuat desain rumah unik yang terlihat miring dengan struktur baja yang tentunya kuat. Jadi, Anda tidak perlu khawatir rumah ini akan roboh karena kemiringan dari rumah unik satu ini sudah terdesain dengan baik.

Rumah unik ini juga didominasi penggunaan kaca dan bukaan-bukaan yang ekstrem sehingga sirkulasi cahaya di dalam rumah miring ini sangat baik. Dengan gaya yang futuristik, rumah unik ini pilihan yang tepat untuk Anda yang ingin tampil kekinian dengan gaya yang unik dan eksentrik.

Rumah Tradisional Kekinian

Hasil gambar untuk rumah tradisional kekinian

Tradisional bukan berarti ketinggalan zaman dan sudah kuno. Tradisional berarti mengedepankan tradisi dan keunikan budaya serta nilai-nilainya dalam setiap segi kehidupan. Rumah unik tradisional karya Studio Air Putih telah membuktikan bahwa gaya arsitektur tradisional itu bisa menjadi karya arsitek Indonesia masa kini yang unik.

Rumah Botol – Ridwan Kamil

Hasil gambar untuk Rumah Botol – Ridwan Kamil

Memiliki desain rumah yang beda dari yang lain, desain rumah ini dirancang secara khusus. Untuk mewujudkan desain rumah mewah nan unik ini, Ridwan Kamil mengumpulkan 30.000 botol kaca bekas selama dua tahun. Selain untuk menciptakan fasad dan pencahayaan alami yang menarik, hal ini juga guna mengurangi sampah di kotanya.

Perpaduan material botol kecoklatan dan material kayu untuk meja membuat desain rumah mewah ini tampak cantik diluar, ini dilengkapi oleh sofa dan juga bantal dekorasi bercorak unik. Material kayu memberikan bayangan yang cantik pada ruang dibaliknya.

Baca Juga : Kelebihan dan Kekurangan Material Bambu untuk Konstruksi Bangunan

Rumah Batik Tempo – Wahana Architects

Rumah Unik Batik

Jika batik baisanya digambar atau dikuas diatas lembaran kain, bagaimana jadinya jika batik diaplikasikan oada sebuah desain rumah ? Hal inilah yang bisa Anda lihat dari desain rumah unik yang bertajuk Rumah Batik Tempo karya Wahana Architects.

Selain penggunaan pola batik, material kayu yang kaya pada rumah unik ini semakin memperkuat kesan etnik yang ada pada hunian. Anda bisa menemukan motif seperti kawung diimplementasikan pada ukiran dinding hingga furnitur favorit yang semakin membuat nuansa Jawa semakin kental.

Itulah dia tadi beberapa desain rumah unik karya arsitek terkenal di Indonesia. (ZH)

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo