Mengenal Gaya Desain Arsitektur Eklektik untuk Mendapatkan Kesan Rumah yang Tidak Monoton

image

PropertiNews.id, Tangerang – Eklektisme adalah gaya desain dan arsitektur yang muncul pada abad ke-19 dan 20. Gaya ini menggabungkan unsur gaya historis dari masa sebelumnya untuk menciptakan sesuatu yang baru dan asli. Dalam arsitektur dan desain interior, elemen-elemen ini mencakup struktur bangunan, furnitur, motif dekorasi, ornamen sejarah, motif budaya tradisional atau gaya dari negara lain.

Memiliki karakter unik, hunian bergaya eklektik sangat pas diadopsi oleh Anda yang ingin merancang hunian dengan kesan catchy dan tidak monoton. Lalu, seperti apa gaya eklektik dalam desain arsitektur ? Berikut kami berikan ulasannya.

Focal Point

Ketika Anda mengatur tata letak ruangan, perlu diingat meskipun gaya eklektik adalah gaya yang menggabungkan gaya dan periode melalui berbagai macam jenis barang, harus terdapat focal point pada ruangan. Tonjolkan sesuatu yang eye catching, seperti aksen pada dinding atau barang dekoratif mencolok lainnya.

Penerapan Dekorasi Penuh Detail dan Motif

Dalam menerapkan gaya eklektik, penggunaan dekorasi yang penuh detail dan bernilai seni sangatlah dominan. Anda bisa melihat ruangan yang dipenuhi perabotan dengan ukiran yang sangat detail, penggunaan tirai berukuran besar, hingga bantal sofa mewah.

Baca Juga : Ingin Kaca Rumah Anda Selalu Bersih ? Simak Cara Berikut Ini

Selain itu, gaya eklektik pun memanfaatkan pola geometris seperti vertikal zigzag, horizontal ataupun lingkaran pada sejumlah elemen seperti karpet dan sofa.

Karakter Lantai, Dinding dan Atap pada Gaya Elektik

Meskipun gaya eklektik didominasi oleh dekorasi dan perabotan bernilai seni, namun terdapat karakter khusus yang diterapkan pada bagian atap, dinding, dan lantai. Untuk lantai, biasanya gaya ini memanfaatkan penggunaan material kayu solid, ubin ataupun lantai parket yang dihiasi dengan karpet khas Turki atau India.

Sementara itu, bagian atap memanfaatkan material semen yang dihiasi dengan lampu kristal atau lampu bergaya kontemporer. Beralih ke bagian dinding, umumnya gaya eklektik mengadopsi penggunaan wallpaper dekoratif dengan warna dasar cerah seperti putih dan cokelat.

Furnitur yang Fungsional

Kenyamanan dan kemudahan dari furnitur dan desain interior adalah kriteria utama gaya eklektik. Semua barang dalam ruangan harus fungsional dan praktis, tidak hanya indah. Itu sebabnya dalam gaya eklektik kita sering menemukan mebel antik dan modern dapat saling melengkapi. Lemari antik bisa diletakkan berdampingan dengan lemari built-in modern, meja kaca minimalis, atau kursi klasik dengan jok bordir emas.

Baca Juga : 5 Ide Desain Ruang Kerja Minimalis Ini akan Buat Anda Makin Produktif

Aksesoris Sebagai Identitas

Dalam penerapan dekorasi bergaya eklektik, Anda pun sebaiknya menampilkan aksesoris yang penuh nilai historis sehingga menimbulkan kesan bahwa Anda telah mengumpulkannya dalam waktu yang lama. Anda bisa menggunakan aksesoris yang berikan kenangan indah di masa lalu, aksesoris yang berhubungan dengan masa depan atau aksesoris etnik bernuansa vintage seperti ukiran khas Jepara. (ZH)

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo