Keunggulan Gypsum Jika Anda Gunakan untuk Dinding Rumah

image

PropertiNews.id, Tangerang – Gypsum merupakan salah satu material utama yang digunakan untuk plafon yang terbuat dari campuran kapur dan sulfat yang diolah menjadi papan lembaran dan dibungkus kertas tipis. Sifat gypsum yang mudah dibentuk dan dipasang membuatnya banyak dipilih dalam pembangunan rumah. Selain sebagai plafon rumah, papan gypsum juga bisa digunakan sebagai bahan pelapis untuk dinding interior rumah. Jika dahulu umumnya dinding rumah diplester, kini melapisi dinding dengan papan gypsum lebih efisien dan praktis.

Menggunakan papan gypsum untuk partisi untuk partisi interior rumah juga banyak keunggulan ketimbang dinding beton. Anda sudah tahu belum beberapa keunggulan dinding dari gypsum ? Coba simak yang berikut ini :

Pemasangan yang Praktis

Penggunaan material gypsum sebagai bahan material dinding relatif lebih praktis pemasangannya dibandingkan dengan dinding konvensional, dinding bata atau macam-macam dinding rumah yang lain. Pemasangan dinding gypsum ditawarkan dalam bentuk dry wall atau dinding kering dengan minim penggunaan air. pemasangan dinding gypsum ini tidak memerlukan mengaduk semen, namun hanya memerlukan sekrup untuk pemasangannya pada besi hollow yang berfungsi sebagai rangkanya. Papan gypsum ini pada dasarnya menggantikan fungsi plester dinding, secara pengaplikasian juga cepat dan area pengerjaan juga lebih bersih.

Mudah Diperbaiki

Selain mudah dipasang, papan gypsum juga mudah untuk diperbaiki. Jika dinding mengalami kerusakan seperti berlubang atau lecet, hanya cukup mendempul atau memotong bagian yang rusak itu, lalu menempelkannya kembali dengan papan gypsum yang baru.

Baca Juga : Rawat Dinding Rumah Anda dengan Cara Ini

Mengurangi Panas

Bahan gypsum memiliki beberapa jenis, salah satunya dapat mengurasi panas sehingga sangat cocok untuk digunakan pada dinding sebagai pendingin ruang. Hal ini dikarenakan papan gypsum dilengkapi dengan bahan material yang mampu memantulkan kembali energi panas dari sinar matahari. Dengan begitu suhu rendah dan sejuk akan mampu tinggal lebih lama di dalam ruangan sehingga dapat membuat suhu ruangan lebih nyaman.

Ramah Lingkungan

Papan gypsum terbilang ramah lingkungan, karena jika bahan material ini sudah tidak bisa digunakan lagi, maka gypsum tidak akan mencemari tanah, sebab akan langsung melebur dalam tanah. Bahan materialnya juga bisa menghemat penggunaan energi pada rumah. Contohnya, jika ruangan rumah ber-AC, gypsum lebih mudah membuat ruangan menjadi dingin karena sifat materialnya yang tidak menyerap hawa dingin.

Lebih Hemat

Dengan menggunakan papan gypsum, maka anda akan bisa meminimalisasi biaya pengeluaran ketika membangun rumah. Sifat papan gypsum yang ringan tidak mengharuskan anda untuk membuat fondasi rumah yang kuat. Selain itu, anda pun bisa memasang sendiri papan gypsum untuk dinding. Jadi, anda tidak perlu lagi mengeluarkan biaya untuk tukang bangunan.

Baca Juga : Inspirasi Desain Dapur Minimalis untuk Anda yang Memiliki Rumah Mungil

Itulah tadi beberapa keunggulan jika anda menggunakan gypsum untuk dinding rumah. Namun perlu diingat, menggunakan papan gypsum sebagai dinding juga pasti memiliki kekurangan tersendiri. (ZH)

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Nata Connexindo

Nata Connexindo adalah Konsultan & Partner Digital Marketing dengan paket digital lengkap. NATA menjadi solusi untuk kebutuhan digital berbagai bisnis

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo