Anda Harus Tahu! Inilah Desain Arsitektur Rumah Paling Populer

image

PropertiNews.id, Tangerang – Gaya arsitektur rumah telah berkembang dari masa ke masa. Bermula dari permasalahan manusia yaitu kebutuhan akan tempat tinggal yang kondusif, arsitektur rumah tidak hanya mengenai bangunan untuk melindungi penghuninya, tapi juga meliputi visual dan keindahan fasad rumah itu sendiri.

Begitu banyak istilah arsitektur rumah, seperti minimalis modern, skandinavian, industrial, tropis modern, dan masih banyak lagi. Istilah ini seringkali kita baca atau dengar berdengung di media massa untuk menunjuk sebuah bangunan yang dianggap menerapkan gaya atau tren arsitektur/interior masa kini. Tujuannya agar dapat memperoleh kesan rumah atau bangunan yang dirancang dengan gaya baru, modern dan berselera kekinian.

Tentunya, desain arsitektur rumah berbeda dari masa ke masa, bukan hanya dipengaruhi oleh zaman sebuah rumah dibangun, ciri khas sebuah era juga mencakup selera dari pemillik rumah.

Baca Juga : Mengenal Bangunan Bergaya Desain Arsitektur Tropis

Pada artikel ini, anda dapat mengetahui deain arsitektur rumah paling populer dari masa ke masa.  

Gaya Arsitektur Rumah Mediteranian

Gaya arsitektur ini cenderung diaplikasikan pada wilayah tropis dengan cuaca panas dan paparan sinar matahari sepanjang tahun. Terinspirasi dari gaya arsitektur Spanyol, Itali, dan Portugal, arsitektur rumah Mediteranian ini mulai diperkenalkan pada tahun 1918 mulai populer di tahun 1940. Elemen utama dari rumah ini adalah atap keramik berwarna merah yang terinspirasi dari arsitektur Spanyol dan Meksiko.

Atap sendiri biasanya terbuat dari tanah liat dan batu bata yang dibentuk seperti setengah tabung untuk memudahkan air turun dan memastikan sirkulasi udara berjalan dengan baik. Pengaplikasian dinding plester juga dilakukan agar rumah tahan terhadap hujan, paparan sinar matahari, dan cuaca panas.

Rumah Minimalis yang Sudah Ada Sejak Tahun 1980

Ciri khas rumah minimalis adalah menggunakan dak beton, mengikuti bentuk dasar (berbentuk kotak), polos atau tanpa ornamen, dan menggunakan maksimal dua kombinasi material.  Teorinya rumah minimalis menggunakan cat dinding berwarna monokrom. Menyoal sebutan minimalis sebenarnya lebih banyak dipengaruhi paham aliran Zen dari Jepang.

Rumah Bergaya Arsitektur Kontemporer

Gaya arsitektur rumah yang satu ini berkembang pada abad ke-21. Tidak ada satu gaya yang dominan, gaya arsitektur kontemporer memiliki berbagai variasi gaya sesuai dengan keinginan dan kreativitas sang arsitek.

Memanfaatkan teknologi termutakhir, bangunan dengan gaya arsitektur rumah kontemporer cenderung lebih kokoh dan kuat terhadap cuaca dibanding rumah dari abad ke-20. Dengan bantuan komputer, setiap detail dari konstruksi bangunan dapat dibangun secara akurat dan cepat.

Rumah Modern Tropis yang Cocok untuk Indonesia

Sejak zaman dahulu nenek moyang bangsa Indonesia bahkan sudah merancang rumah-rumah tradisional yang cocok dengan iklim tropis. Iklim tropis memiliki beberapa karakter khusus seperti curah hujan yang lebat, suhu rata-rata sepanjang tahun yang hangat, dan kelembaban yang tinggi. 

Baca Juga : Tingkatkan Produktivitas dengan Desain Ruang Kerja Ini

Hingga kini, rumah dengan desain arsitektur tropis modern masih menjadi tren yang layak diaplikasikan di Indonesia. Ada sedikit salah kaprah yang menyebut bila desain tropis sama dengan rumah berdesain modern dan minimalis

Gaya Arsitektur “Modern Glass House”

Gaya arsitektur yang satu ini merupakan perpaduan antara gaya arsitektur rumah modern dan arsitektur minimalis, diwujudkan dengan mengaplikasikan atap datar dan rendah dengan bangunan yang dikelilingi oleh kaca. Tujuannya bukan hanya untuk mendapatkan intensitas pencahayaan, tapi juga karena material kaca menonjolkan kesan mewah dan elegan pada rumah. Desain arsitektur rumah Modern Glass House juga mengadaptasi konsep bangunan kontemporer. (ZH)

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo