5 Langkah Mudah Cara Memasang Lantai Keramik Sendiri

image

PropertiNews.id, Tangerang – Keramik kerap menjadi pilihan keluarga baru untuk dijadikan alas lantai hunian mereka. Tak hanya untuk kamar mandi, keramik juga bisa digunakan di lantai ruangan lainnya, seperti ruang tamu atau kamar tidur.

Bagi sebagian orang, memilih untuk memasang keramik sendiri adalah pilihan yang tepat. Dari pada harus mengeluarkan uang lebih untuk membayar tukang. Memasang keramik sendiri sepertinya mudah, tapi dalam pengerjaannya tidaklah semudah kelihatannya. Untuk mendapatkan hasil yang bagus dan rapih, anda harus mengetahui ti[s, cara, dan teknik pemasangan keramik yang benar. Dengan memahami cara memasang keramik ini, anda bisa menginstalasi keramik dengan lebih berhati-hati dan mengurangi resiko kesalahan yang mungkin terjadi. Berikut ini kami sediakan untuk anda langkah mudah untuk memasang keramik sendiri.

Persiapkan Alat dan Bahan yang Dibutuhkan

Tahap pertama dalam rangkaian cara memasang keramik tentu dimulai dengan memilih keramik yang akan digunakan. Belilah keramik dengan ukuran dan motif yang anda suka di toko bangunan terdekat atau melalui lapak online. Nah, cara memasang keramik yang benar tentu memerlukan keramik 10 persen lebih banyak dari yang diperlukan untuk berjaga-jaga apabila anda membutuhkan keramik lagi untuk lantai yang tidak seukuran.

Cara memasang keramik yang akan kami bagikan tentu memerlukan material khusus. Jangan lupa untuk membeli perlengkapan dan material lainnya, yaitu semen khusus keramik, papan aplikator, dan nat keramik. Tanyakan pula pada pegawai toko apakah menjual tile spacer. Siapkan meteran, benang yang cukup tebal, dan pensil.

Ukur Luas Lantai dan Coba Pasang Keramik Tanpa Semen

Langkah selanjutnya adalah dengan mengukur lantai ruangan meteran. Tarik meteran dari dinding yang satu ke yang lainnya, baik atas bawah maupun kiri kanan. Beri tanda dan pastikan mereka akan bertemu pada satu titik di tengah ruangan. Kemudian tempelkan benang mengikuti garis meteran dan gunting benang tersebut.

Sebelum menempelkan keramik, cobalah untuk mengatur tata letak pada lantai dahulu. Lanjutkan rangkaian cara memasang keramik dari bagian tengah pertemuan benang tadi dan gunakan tile spacer untuk memberi jarak antar keramik. Cara memasang keramik yang benar tidak akan bisa dilakukan tanpa mengetahui apakah ada bagian lantai yang tidak bisa diaplikasikan keramik secara penuh.

Rendam Keramik

Rendam keramik di dalam air. hal ini akan membuat keramik menjadi lebih elastis dan lebih mudah menempel pada saat pemasangan keramik nantinya.

Baca Juga : Gemar Membaca Buku ? Yuk Buat Perpustakaan Mini di Rumah

Mulai Memasang Keramik

Aplikasikan semen pada lantai di mana kamu akan menempel keramik. Cara memasang keramik yang baik adalah dengan memulai aplikasi dari satu area lantai dahulu. Pastikan semen telah dicampur dengan air dan bebas dari kerikil. Gunakan papan aplikator untuk melaksanakan cara memasang keramik ini dan oleskan semen di lantai secara tipis.

Tempel keramik lalu tekan. Saat sebaris keramik sudah tertempel, gunakan papan apapun dengan eprmukaan rata untuk menekan keramik. Cara memasang keramik ini harus dilakukan agar keramik terpasang dengan ketinggian yang sama.

Oleskan Nat Keramik

Diamkan keramik yang sudah ditempel hingga kering. Cara memasang keramik selanjutnya adalah mengoleskan nat keramik yang sudah dicampur air. Nat keramik ini berguna untuk mengisi sela-sela jarak antar keramik. Gunakan aplikator untuk mengoleskan nat dan pastikan semua sela-sela terisi penuh.

Baca Juga : Rawat Lantai Kayu dengan Tips Pintar Ini

Hal lain yang perlu diperhatikan dalam memasang nat keramik ini adalah untuk mendiamkannya selama 5-15 menit lalu bersihkan dengan spons. Hati-hati dalam menggunakan spons untuk membersihkan area lain. Pastikan tidak ada tetesan air dari spons karena dapat membahayakan kinerja nat. (ZH)

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id
Media Properti Paling Aktual

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Nata Connexindo

Nata Connexindo adalah Konsultan & Partner Digital Marketing dengan paket digital lengkap. NATA menjadi solusi untuk kebutuhan digital berbagai bisnis

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo