Cermati Tips Pilih Lantai Apartemen Disini!

image

PropertiNews.id, Tangerang - Tinggal di apartemen tentunya menjadi pilihan yang tepat bagi Anda yang menginginkan untuk hidup lebih cepat dan mudah. Namun, saat mencari apartemen, selalu banyak hal yang perlu untuk dipertimbangkan selain fasilitas yang tersedia didalamnya.

Apartemen yang ideal tentunya sudah pasti harus berada di lokasi yang strategis. Dekat dengan pusat perkantoran, pusat pendidikan, pusat perbelanjaan bahkan fasilitas publik seperti akses transportasi umum pastinya merupakan hal yang sangat diharapkan dari sebuah apartemen. Selain lokasi strategis dan fasilitas yang memadai, terdapat satu faktor sekunder lainnya yang jarang sekali menjadi pertimbangan para konsumen. Padahal, nyatanya faktor ini sangat berpengaruh pada gaya hidup Anda sehari-hari lho.

Lantas apakah faktor sekunder tersebut? Lantai apartemen merupakan faktor lain yang ternyata perlu untuk Anda perhatikan saat mulai untuk memilih apartemen sebagai tempat tinggal maupun investasi. Seperti yang diketahui bahwa apartemen merupakan hunian vertikal yang lantainya hanya terdapat 3 pilihan seperti lantai atas, lantai tengah dan lantai bawah. Yuk cek tips memilih lantai apartemen yang tepat untuk Anda berikut ini.

1. Pemandangan

Salah satu faktor yang perlu Anda perhatikan saat memilih lantai apartemen ialah pemandangan yang bisa Anda dapatkan saat memilih lantai pada apartemen tersebut. Faktor pemandangan dari unit apartemen ternyata dapat berpengaruh pada harga yang ditawarkan. Biasanya, unit yang dapat menyajikan pemandangan yang lebih bagi pemiliknya memiliki harga unit yang lebih tinggi dibanding unit lainnya. Jika faktor mendapatkan pemandangan ini lebih penting bagi Anda, sebaikan Anda pun menyiapkan budget yang lebih untuk mendapatkannya.

2. Kebisingan

Keunggulan dari memilih unit di lantai paling atas adalah Anda dapat terhindar dari suara bising jalan raya. Jika Anda tinggal di apartemen yang rawan macet, sudah pasti memilih unit di lantai atas pada apartemen bisa sangat menguntungkan karena Anda dapat terhindari dari bisingnya suara klakson kendaraan. Tentunya Anda tidak akan merasakan kebisingan jika tinggal di unit lantai atas sebab tidak adanya unit lain diatas Anda. Namun, tidak hanya unit di lantai atas yang dapat menguntungkan bagi Anda. Memilih unit di lantai bawah bagi para keluarga yang telah memiliki anak atau tinggal bersama orang tua bahkan manual serta difabel, bisa sangat bermanfaat demi keselamatan mereka.

3. Mobilitas

Sebagian besar penghuni apartemen ialah mereka yang merupakan pekerja sibuk. Oleh karena itu, tinggal di unit lantai bawah pada sebuah apartemen akan sangat memudahkan mereka untuk beraktivitas sehari-hari sebab mereka tidak perlu menghabiskan waktu lama untuk menunggu lift.


Tinggal di lantai bawah ini juga sangat bermanfaat jika terjadi situasi darurat seperti kebakaran, gempa bumi dan lain sebagainya. Berbeda dengan lantai bawah, tinggal di lantai atas justru dapat menghambat Anda dalam beraktivitas sehari-hari dan penghuni yang tinggal di lantai atas pun tentu membutuhkan waktu yang lebih lama dalam evakuasi saat terjadi situasi darurat tersebut.

4. Akses Menuju Fasilitas

Keuntungan bagi Anda yang lebih memilih untuk tinggal di unit lantai bawah sebuah apartemen ialah jaraknya yang sangat dekat dengan fasilitas umum seperti kolam renang, fasilitas Gym, taman bermain dan lainnya yang disediakan apartemen tersebut. Hal ini juga sudah pasti sangat menguntungkan bagi Anda yang memiliki anak karena tidak perlu naik turun tangga atau menggunakan lift untuk menikmati fasilitas-fasilitas tersebut.

5. Keamanan

Tinggal di apartemen sudah pasti kenyamanan dan keamanan akan Anda dapatkan dengan mudah. Namun, hal-hal yang tidak diinginkan seperti pencurian juga bisa saja terjadi di apartemen meskipun sangat jarang ditemui kasusnya.
Memilih tinggal di lantai dasar sebuah apartemen juga bisa menjadi rentan terhadap pembobolan karena jendela ataupun teras Anda lebih mudah dilihat oleh pihak luar. Maka, jika Anda tinggal di unit lantai dasar, pastikan apartemen yang Anda pilih sangat mementingkan keamanan penghuninya.

Demikianlah beberapa tips yang perlu Anda cermati saat memilih lantai apartemen untuk dihuni atau dijadikan sebagai investasi. Namun, pilihlah lantai tersebut sesuai kebutuhan Anda misalnya jika Anda tinggal bersama anak-anak atau manula, sudah tentu lantai dasar adalah pilihan yang tepat demi kenyamanan mereka. Nah, kira-kira posisi lantai mana yang cocok untuk Anda? (DD)

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo