Rawat Lantai Kayu dengan Tips Pintar Ini

image

PropertiNews.id, Tangerang – Tren lantai dengan menggunakan bahan kayu memang tidak ada matinya. Di era modern saat ini, masih banyak orang yang menggunakan lantai rumahnya dengan bahan kayu. Rumah dengan lantai kayu memang menyenangkan. Warna dan teksturnya sangat menawan. Saat dipijak juga tidak terasa dingin. Kesan hangat kayu memang sulit tertandingi. Lantai kayu, terutama lantai dari kayu solid juga memberi kesan eksklusif bagi hunian anda.

Namun, dibalik kelebihan dalam menggunakan material lantai yang berbahan kayu, tentunya ada kelemahannya yaitu cara membersihkan dan perawarannya haruslah dilakukan dengan cara yang benar.

Jika anda menggunakan lantai kayu, berikut ini kami sediakan beberapa tips pintar untuk merawatnya.

Hindari Kelembapan

Musuh ‘bebuyutan’ kayu adalah kelembapan. Maka dari itu, jangan pernah membersihkan lantai kayu dengan cara dipel, melainkan cukup disapu saja. Ini karena genangan air yang disebabkan oleh proses mengepel bisa mengendap di lapisan plywood yang berujung pada pelapukan.

Trik lain untuk menghindari kelembapan pada lantai adalah menggunakan bahan kimia anti rayap. Cara pemakaiannya adalah dengan disuntikkan pada beberapa potongan kayu.

Baca Juga : Keunggulan Gypsum Jika Anda Gunakan untuk Dinding Rumah

Lapisi Karpet

Agar lantai kayu terpelihara dengan baik, penghuni juga bisa melapisinya dengan karpet atau permadani. Untuk menjaga keamanan anggota keluarga dalam rumah, pilih karpet dengan alas yang tidak licin dan tidak mudah tergeser. Selain itu, karpet juga harus sering dijemur agar tidak menimbulkan kelembapan pada lantai kayu.

Menyapu Lantai Secara Teratur

Bersihkan debu dengan menggunakan lap kering pada permukaan lantai setiap hari untuk menghilangkan kotoran. Meskipun lantai kayu terbilang anti gores, namun kotoran berlebih, rambut, dan puing-puing dapat menyebabkan goresan jika dibiarkan dari waktu ke waktu. Untuk membersihkannya, jangan menggunakan sikat lantai biasa. Bulu jerami yang keras pada sikat dapat merusak permukaan lantai.

Baca Juga : Rawat Dinding Rumah Anda dengan Cara Ini

Pindah Posisi Perabot

Bagi rumah yang lokasinya berada di area tropis, lantai parket akan membutuhkan perawatan esktra agar warna tidak pudah akibat paparan cahaya matahari. Siasatnya, rutinlah menukar letak perabot di ruangan yang lantainya menggunakan kayu. Atau bisa juga lakukan proses steam tiap 6 bulan sekali, dengan maksud agar warna dan kebersihan lantai kayu tetap berjaga. (ZH)

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id
Media Properti Paling Aktual

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Nata Connexindo

Nata Connexindo adalah Konsultan & Partner Digital Marketing dengan paket digital lengkap. NATA menjadi solusi untuk kebutuhan digital berbagai bisnis

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo