Inspirasi Desain Rumah Panggung dengan Gaya Modern

image

PropertiNews.id, Tangerang – Saat berbicara tentang rumah panggung, banyak orang yang mungkin berpikir tentang rumah orang Kalimantan atau Sumatera. Sebuah rumah kayu di pedesaan yang lantai utamanya terangkat sangat tinggi, menggunakan struktur kayu sebenarnya bukan hanya rumah khas di Indonesia yang hanya populer di pedesaan.

Rumah panggung memiliki ketinggian yang bervariasi, tergantung lokasi rumahnya. Biasanya tinggi rumah yang dimiliki berkisar 50 cm sampai 2 m, dan dasar rumahnya tidak menempel pada tanah. Untuk mengetahui lebih lanjut, berikut ini kami berikan inspirasi desain rumah panggung modern yang bisa anda tiru.

Rumah Panggung Berbentuk Kubus

Bagian luar dari rumah panggung berbentuk kubus ini berlapis kayu. Sedangkan untuk jendelanya mengelilingi rumah secara horizontal. Penempatan seperti ini digunakan agar privasi penghuni tetap terjaga. Ruangan-ruangan di dalam rumah ini juga masih sama seperti rumah biasa lainnya. Ada kamar tidur, ruang keluarga, kamar mandi, dan ruang lainnya. Lantai rumah disangga oleh pilar beton dan struktur di lantai bawah yang terbuat dari beton.

Baca Juga : Bangun Rumah Anda dengan Material Bangunan yang Ramah Lingkungan

Rumah Panggung Kayu di Tengah Air

Adanya air pada bagian tengah tapak, membuat desainer sengaja mengangkat lantai rumah lebih tinggi, menjadi sebuah rumah panggung. Hal ini kemudian menciptakan ruang antara lantai rumah dan air. Hal ini terlihat bagus, indah, dan tentunya hangat di mata. Untuk area rentan banjir, tentunya strategi panggung in juga bermanfaat untuk mengurangi kerugian material jika terjadi bencana banjir.

Rumah Panggung yang Dekat dengan Alam

Selain jadi hunian yang modis, rumah panggung bisa membuat anda dekat dengan alam. Rumah panggung banyak terbuat dari kayu, batu, semen, ataupun beton. Apabila cuaca sedang cerah, anda bisa memanfaatkan lantai pertama sebagai tempat untuk berkumpul keluarga. Pada malam hari anda juga bisa mengadakan BBQ dan camping gratis bersama sahabat-sahabat anda. Pagi harinya, anda bisa menikmati angin sepoi-sepoi dan indahnya dedaunan hijau.

Rumah Kayu yang Nyaman dengan Basement

Selain menggunakan bahan alami sebagai struktur utama, desain ini terletak di tengah alam dan rumput hijau. Uniknya desain ini juga memiliki ruang fungsional yang terangkat. Ruang bawah lantai seperti ini sangat membantu sirkulasi udara karena membantu pergerakan udara dari satu sisi ke sisi yang lain.

Dengan massa yang terangkat dari tanahm desain yang ada meninggalkan ruang kosong di bawahnya. Integrasi rumah kayu kuno yang sangat populer di masa lalu meambah keseluruhan nilai estetis pada desain.

Baca Juga : Macam-Macam Tanaman Rambat untuk Percantik Garasi Anda

Rumah  Panggung Batu

Desain rumah ini terbuat dari batu yang kuat, diangkat dari tanah untuk memungkinkan ruang antara tanah asli dan lantai rumah. Hal ini membantu sistem ventilasi dalam rumah, yang bisa dimasuki dari lantai dasar. (ZH)

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo