Bangun Rumah Anda dengan Material Bangunan yang Ramah Lingkungan

image

PropertiNews.id, Tangerang – Pemilihan material bangunan yang ramah lingkungan untuk desain rumah sangat penting. Ini karena kondisi lingkungan saat ini menuntut kita untuk bijak dalam mengelolanya, sehingga apa yang kita bangun tidak banyak mencemarinya.

Konsep pembangunan arsitektur ramah lingkungan menekankan peningkatan efisiensi dalam penggunaan air, energi, dan material bangunan. Selain membantu mengurangi kontribusi terhadap pemanasan global, hunian yang menggunakan material ramah lingkungan juga terasa lebih sejuk dan alami.

Penasaran dengan material ramah lingkungan yang dapat anda gunakan untuk hunian anda ? Yuk, simak artikel kami berikut ini.

Jerami

Walaupun jerami sebenarnya sudah cukup lama digunakan untuk menutup bagian atap rumah, akhir-akhir ini jerami semakin populer sebagai material ramah lingkungan, khususnya untuk dinding. Dengan harga yang murah dan mudah didapatkan di pasaran, jerami diletakkan pada ruang antara kolom dan kerangka balok.

Baca Juga : Jangan Salah Pilih, Inilah Pilihan Material yang Tepat untuk Garasi Anda

Material ramah lingkungan ini merupakan isolator panas yang baik dan juga berfungsi sebagai peredam suara. Dengan demikian, pemilik hunian tidak akan mudah merasa panas di siang hari dan bisa bersantai tanpa suara bising dari luar.

Tanah yang Dipadatkan

Apalagi yang lebih alami daripada merasakan tanah sebagai lantai rumah ? bahkan sebenarnya dinding yang mirip dengan beton bisa dibuat dengan hanya memadatkan tanah di rangka kayu. Pemadatan tanah adalah teknologi yang digunakan oleh peradaban manusia sejak ribuan tahun lalu dan mampu bertahan lama.

Bambu

Material bambu juga bisa digunakan sebagai material ramah lingkungan pengganti kayu. Salah satu material ramah lingkungan yang kian pupuler, bambu sendiri sudah dikenal sejak zaman dahulu dan sering digunakan karena sangat kuat dalam menopang beban berat meski bobot bambu ringan.

Bambu juga tumbuh dengan cepat di alam bebas sehingga tidak ada kekhawatiran  stok bambu akan berkurang. Tidak hanya menjadi tanaman yang ramah lingkungan, tanaman bambu juga bisa meningkatkan nilai estetik pada sebuah bangunan.

HemCrete

HemCrete adalah beton yang dibuat dari serat tanaman hemp. Serat tersebut dicampur dengan kapur untuk membentuk bahan mirip beton namun kuat dan ringan. Karena bahan ini ringan, energi yang diperlukan untuk memindahkan bahan ini menjadi sangat rendah sementara bahannya sendiri tumbuh cepat di alam sehingga berkelanjutan.

Ashcrete

Selanjutnya ada material ramah lingkungan yang diberi nama ashcrete. Sesuai dengan namanya, ashcrete ini dibuat menggunakan abu terbang yang merupakan produk hasil pembakaran batu bara. Kehadiran ashcrete ini disebut-sebut mampu menggantikan penggunaan semen tradisional dan daya rekatnya sangat kuat.

Baca Juga : Rumah Kontainer akan Menjadi Hunian Hemat di Masa Depan

Itulah tadi beberapa material ramah lingkungan yang bisa anda gunakan untuk membangun rumah anda. Material ramah lingkungan ini juga dapat membuat asri lingkungan serta tetap memberi kenyamanan saat tinggal di hunian anda. (ZH)

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id
Media Properti Paling Aktual

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Nata Connexindo

Nata Connexindo adalah Konsultan & Partner Digital Marketing dengan paket digital lengkap. NATA menjadi solusi untuk kebutuhan digital berbagai bisnis

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo