Jangan Salah Pilih, Inilah Pilihan Material yang Tepat untuk Garasi Anda

image

PropertiNews.id, Tangerang – Lantai garasi merupakan elemen penting yang wajib diperhatikan saat membangun garasi. Selain konstruksi lantai, hal berikutnya yang tidak kalah penting adalah material penutup lantai.

Ada beragam jenis material penutup lantai yang tersedia di pasaran, mulai dari beton cetak hingga keramik. Masing-masing material memiliki tampilan serta keunggulan yang berbeda. Nah, untuk itu, anda jangan sampai salah memilih materialnya. Berikut ini kami berikan pilihannya untuk anda.

Batu Alam

Batu alam banyak digunakan untuk berbagai kebutuhan baik di dalam dan luar rumah. Selain itu, ternyata batu yang satu ini juga sangat lazim digunakan sebagai material dari lantai sebuah garasi. Jenis batu alam yang sering digunakan adalah batu andesit dan kali lempeng. Karena warnanya gelap, batu ini mampu menyamarkan noda-noda di area lantai. Jika anda memilih material yang satu ini, jangan lupa untuk rutin melapisinya dengan cairan coating agar tidak rentan diserang jamur dan lumut.

Baca Juga : Ide Kreatif Membuat Kebun Sayur Mini di Kebun Belakang Rumah

Semen Plesteran

Lantai semen plesteran merupakan jenis material yang paling sederhana dan murah.

Cara pengerjaannya sangat sederhana, hanya dengan memberi plesteran pada permukaan lantai kemudian sebagai finishing, diberi aksen garis dengan menggunakan alat khusus yang disebut trowel. Lantai garasi yang dibuat menggunakan semen plesteran pada umumnya diberikan kreasi tambahan seperti rumput atau parit-parit kecil. Motif lantai carport ini dibuat dengan motif kotak- kotak atau bergaris.

Koral Sikat

Cara pengerjaan bahan ini hampir sama dengan semen cetak. Bedanya, permukaan semen ditaburi batu koral sikat, kemudian pada saat setengah kering permukaan semen disikat dengan sikat kawat agar tekstur koral sikat lebih muncul. Material ini membutuhkan perawatan berkala untuk mencegah timbulnya jamur, terutama pada musim hujan.

Grass Block

Biasanya beton cetak yang ada di pasaran ada dua jenis, yang satu disebut dengan paving block dan yang lainnya disebut dengan grass block karena pada bagian tengahnya berongga dan bisa ditanamin dengan rumput sebagai salah satu solusi arsitektural untuk membuat bangunan yang ramah lingkungan. Sebab dengan adanya rumput pada bagian tengah, mampu berfungsi sebagai penahan dan penyimpan air hujan untuk menjadi cadangan air tanah.

Baca Juga : Tips Lengkap Membuat Roof Garden atau Taman di Atas Atap

Keramik

Sangat favorit untuk mengaplikasikan keramik pada bagian lantai. Lantai garasi pun bisa untuk diberi material keramik, kok! Asalkan pemilihan keramiknya haruslah keramik dengan jenis permukaan yang kasar, agar permukaannya tidak licin jika terkena hujan dan malah bisa membahayakan sobat, pada saat ingin memarkir mobil di sana. (ZH)

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id
Media Properti Paling Aktual

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Nata Connexindo

Nata Connexindo adalah Konsultan & Partner Digital Marketing dengan paket digital lengkap. NATA menjadi solusi untuk kebutuhan digital berbagai bisnis

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo