Perhatikan Hal Ini Jika Anda Ingin Membuat Desain Mezzanine di Rumah

image

PropertiNews.id, Tangerang – Dalam menyiasati sebuah hunian yang memiliki ruangan sempit, dapat dilakukan dengan berbagai cara. Salah satunya, adalah dengan menerapkan desain interior mezzanine pada sebuah hunian tersebut.

Umumnya mezzanine merupakan lantai tambahan yang berada di tengah-tengah antara lantai dan atap rumah. Salah satu alasan teknik mezzanine menjadi banyak diminati adalah karena proses pengaplikasiannya yang tidak mengharuskan pemilik rumah merombak total bangunan rumah. Jika Anda tertarik menerapkan konsep mezzanine pada rumah Anda, pastikan Anda memperhatikan sejumlah hal penting di bawah ini.

Baca Juga : Inspirasi Desain Musholla Minimalis Modern dalam Rumah

Material Rumah Merupakan Hal yang Penting

Karena rumah akan diberi lantai tambahan, maka Anda perlu memastikan material yang digunakan untuk membuat rumah tersebut kuat menahan beban tambahan dari lantai mezzanine. Anda bisa mengkonsultasikannya pada orang yang profesional untuk meyakinkan rumah tersebut bisa diberi mezzanine. Bahan yang akan digunakan untuk membuat mezzanine pun tak boleh sembarangan. Karena sifatnya yang terkesan semi permanen, maka biasanya lantai mezzanine  dibuat dari bahan kayu, baja ringan atau beton ringan.

Perhatikan Ketinggian Rumah

Untuk mempermudah pembuatan lantai mezzanine, ketinggian lantai dan atap rumah menjadi faktor penting yang wajib diperhatikan. Pasalnya, lantai mezzanine baru bisa diterapkan pada rumah yang memiliki jarak ketinggian lantai dan atap minimal 5 meter. Maka semakin tinggi jarak tersebut, akan semakin baik dan mempermudah pula proses pembuatan lantai mezzanine. Jarak antara lantai mezzanine dengan atap pun tak boleh diabaikan. Mengingat jika jaraknya terlalu dekat, akan membuat kepala terbentur atap saat berdiri.

Sesuaikan dengan Fungsinya

Sebelum membangun lantai mezzanine, tentukan dulu fungsinya. Pastikan ukuran ruangannya sesuai dengan fungsi yang anda inginkan. mezzanine memiliki karakter semi-terbuka. Maka dari itu, lantai mezanin kurang cocok jika digunakan sebagai kamar tidur, namun sangat cocok difungsikan sebagai ruang bermain anak, ruang kerja, ruang keluarga hingga ruang perpustakaan mini. Apa pun yang kamu pilih, pastikan kamu menentukan desain rumah mezzanine agar sesuai dengan fungsi dan kegunaanya.

Rencanakan Pencahayaan dan Sirkulasi Udara

Karena berada di antara ruang bawah dan bagian atas ruangan, Anda harus merencanakan pencahayaan yang tepat sesuai fungsi ruangan dan mengatur sirkulasi udara dengan baik.

Saat musim panas, suhu di ruang antara kerap menjadi panas juga. Untuk itu, ada baiknya Anda memasang insulator atau membuat mezzanine terbuka yang membuat sirkulasi udara berjalan dengan baik. Anda juga bisa membuat jarak antara rangka konstruksi mezzanine dengan dinding agar  mengurangi hawa panas.

Baca Juga : Cara Pintar Menghilangkan Bau Hewan Peliharaan di Rumah Anda

Pilih Desain Tangga Sesuai Konsep Interior

Tangga merupakan elemen penting pada rumah mezzanine karena akan digunakan secara aktif saat mengakses lantai tersebut. Pastikan pilih tangga dengan ukuran yang sesuai dengan ukuran ruangan bagian bawah dan lantai rumah mezzanine sehingga tidak terkesan sempit. Selain itu, sesuaikan desain tangga agar tampak menyatu dengan konsep interior ruangan utama. (ZH)

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Nata Connexindo

Nata Connexindo adalah Konsultan & Partner Digital Marketing dengan paket digital lengkap. NATA menjadi solusi untuk kebutuhan digital berbagai bisnis

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo