Gemar Membaca Buku ? Yuk Buat Perpustakaan Mini di Rumah

image

PropertiNews.id, Tangerang – Memiliki rumah impian tentu tidak lengkap tanpa hadirnya sudut ruang favorit. Bagi anda yang memiliki hobi membaca, menghadirkan perpustakaan mini dalam rumah bisa menjadi unsur terpenting pada rumah impian. Dari pada buku-buku anda bertebaran membuat rasa kurang nyaman dan rumah berantakan.

Terlepas dari keinginan pribadi, menghadirkan ruang baca pada umumnya membutuhkan ruangan tambahan. Namun, bagi anda yang memiliki keterbatasan ruang dalam rumah, tak perlu khawatir, karena anda dapat menerapkan konsep perpustakaan mini yang pastinya tidak memakan banyak ruang.

Bagi anda yang ingin membuat ruang perpustakaan mini dirumah, anda bisa melihat inspirasi yang kami berikan berikut ini.

Pilih Satu Dinding

Anda tidak perlu ruangan khusus untuk membuat perpustakaan mini. Pilih salah satu sisi dinding di rumah anda, seperti di ruang keluarga atau ruang makan. Kemudian, anda bisa membuat dan meletakkan rak buku di dinding tersebut. Gunakan rak ukuran besar yang dapat menempel dari lantai hingga langit-langit rumah anda dan isi dengan buku-buku.

Manfaatkan Ruang Bawah Tangga

Ruang bawah tangga kerap menjadi ruang yang tak terpakai. Namun dengan kreativitas, area ini bisa anda sulap menjadi perpustakaan mini lengkap dengan pojok baca yang nyaman dan menarik.

Baca Juga : Rawat Lantai Kayu dengan Tips Pintar Ini

Lemari bawah tangga dari kayu di perpustakaan mini ini membawa kesan alami pada rumah. Desain pojok baca yang diletakkan di dekat jendela ini juga memanfaatkan pencahayaan alami agar sesi membaca dapat menjadi nyaman dan mata pun tidak cepat letih.

Maksimalkan Loteng Rumah

Berbicara tentang pemanfaatan sisa ruang untuk wujudkan perpustakaan mini, alternatif selanjutnya yang bisa kamu alihfungsikan adalah loteng rumah. Namun, pastikan ruang loteng dirancang sedemikian rupa untuk dapatkan pencahayaan yang baik serta sirkulasi udara yang optimal agar ruang tetap nyaman.

Warna Ruangan

Warna ruangan penting untuk menambah daya tarik. Anda dapat mengecat dinding perpustakaan dengan warna favorit anda agar lebih menarik. Jika anda tidak ingin permainan warna, anda dapat menggunakan alternatif wallpaper dinding sebagai solusinya. Sebaiknya, dinding ruangan tidak terlalu menonjol dan soft suaya tidak terlalu kontras dengan buku-buku yang ada. hal ini memberikan kesan tenang agar pengguna semakin nyaman dan betah.

Penataan Buku

Untuk penataan buku, anda dapat menggunakan pola kecil ke besar agar terlihat lebih rapi. Atau anda juga dapat mengelompokkan buku-buku anda berdasarkan alfabet judul buku atau tema buku. Entah buku psikologi, buku anak dan semacamnya. Anda juga bisa memilih gaya abstrak atau random. Semuanya tergantung kepada selera dan kemudahan anda.

Baca Juga : Keunggulan Gypsum Jika Anda Gunakan untuk Dinding Rumah

Itu dia beberapa inspirasi untuk anda yang gemar membaca buku dan ingin membuat ruang baca atau perpustakaan mini di rumah anda. (ZH)

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo