Yuk Kenali Ciri Penting dari Desain Arsitektur Post Modern

image

PropertiNews.id, Tangerang – Selama ini banyak dari masyarakat yang hanya mengenal desain arsitektur rumah sebatas minimalis, modern, kontemporer, split level, tradisional, atau gaya Eropa. Nama desain post modern kemungkinan masih terdengar asing di telinga.

Istilah arsitektur post modern memang tidak sepopuler gaya desain arsitektur lainnya. Padahal, arsitektur post modern masih terus berkembang dan digunakan hingga saat ini. Dengan mengenal karakter dari arsitektur post modern, pasti anda akan menyadari bahwa banyak bangunan dan rumah di sekitar anda yang menerapkan atau mengadaptasi gaya ini.

Yuk cari tahu lebih dalam ciri desain arsitektur post modern. Siapa tahu anda bisa menerapkannya untuk konsep rumah impian.

·         Ideological yaitu merupakan suatu konsep bersistem yang menjadi asas pendapat untuk memberikan arah dan tujuan. Jadi dalam pembahasan Arsitektur post modern, ideological adalah konsep yang memberikan arah agar pemahaman arsitektur post modern bisa lebih terarah dan sistematis. 

Baca Juga : Desain Rumah Bergaya Rustic ala Pedesaan yang Mewah

·        1.  Double coding of Style yaitu bangunan post modern adalah suatu paduan dari dua gaya atau style, yaitu Arsitektur modern dengan arsitektur lainnya. 

·        2.  Popular and pluralist yaitu Ide atau gagasan yang umum serta tidak terikat terhadap kaidah tertentu, tetapi memiliki fleksibilitas yang beragam. Hal ini lebih baik dari pada gagasan tunggal. 

·       3. Semiotic form yaitu penampilan bangunan mudah dipahami. Karena bentuk-bentuk yang tercipta menyiratkan makna atau tujuan atau maksud. 

·        4.Tradition and choice, merupakan hal-hal tradisi dan penerapannya secara terpilih atau disesuaikan dengan maksud atau tujuan perancang. 

·      5.  Artist or client mengandung dua hal pokok yaitu Bersifat seni (intern) dan Bersifat umum (extern), yang menjadi tuntutan perancangan sehingga mudah dipahami secara umum.

·      6.   Elitist and participative yaitu Lebih menonjolkan pada suatu kebersamaan serta mengurangi sikap borjuis seperti dalam arsitektur modern. 

Baca Juga : Anda Harus Tahu! Inilah Desain Arsitektur Rumah Paling Populer

·      7.   Piecemal yaitu Penerapan unsur-unsur dasar, secara sub-sub saja atau tidak menyeluruh. Unsur–unsur dasar seperti: sejarah, arsitektur vernakular, lokasi, dan lain-lain.

·      8.   Architect as representative and activist yang berarti Arsitek berlaku sebagai wakil penerjemah, perancangan dan secara aktif berperan serta dalam perancangan. (ZH)

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo