Berbagai Inspirasi Fasad Rumah untuk Arsitektur Modern

image

PropertiNews.id, Tangerang – Fasad rumah adalah suatu sisi luar (eksterior) yang pada dasarnya adalah bagian muka dari sebuah bangunan, tetapi terkadang juga bagian samping dan belakang bangunan. Sebagaimana desain interior rumah, fasad rumah juga memiliki banyak tipe sesuai gaya arsitektur dari rumah tersebut. Tentu saja, tiap gaya arsitektur memiliki ciri khas fasad rumah yang berbeda-beda.

Bagi anda yang ingin memiliki fasad rumah, berikut ini kami sajikan inspirasi fasad dengan berbagai gaya yang bisa anda ikuti.

Fasad Rumah Bohemian

Jika sebelumnya anda mengenal tipe fasad rumah yang rapi dan teratur, maka anda perlu tahu tipe fasad rumah yang kaya dengan warna dan tanpa batas. Kalau anda suka sesuatu yang kreatif, mungkin fasad rumah Bohemian ini bisa menginspirasi anda.

Gaya bohemian sendiri sebenarnya tidak memiliki aturan yang baku. Seringkali ia merupakan campuran klasik, vintage, atau rustic. Dekorasi seperti dream catcher, aksesoris tradisional, dan dekor rumah yang unik lainnya kerap dijumpai sebagai hiasan fasad rumah. Gaya bohemian memang menghadirkan nuansa yang ceria dan berwarna.

Fasad Hijau untuk Rumah Mewah

Merencanakan rumah mewah bisa memberi tantangan tersendiri. Setiap detail layout harus matang, atau keseluruhan bangunan nantinya tampak tidak harmonis. Begitu pula dengan pemilihan tema fasad nya. Contoh fasad rumah mewah ini bisa mewakili keinginan anda. Rumah kontemporer modern dengan fasad yang terkesan begitu ringan dan sejuk serta kolom-kolom yang besar tampak ringan, karena diimbangi dengan ruang-ruang berjendela besar dan tanpa partisi.

Fasad Rumah Klasik

Kesan megah biasanya akan tampak ketika memandangi fasad rumah klasik. Bentuk simetris antara sisi kanan dan kiri pun kerap dijumpai. Fasad rumah klasik juga terbilang memiliki desain yang rumit pada pintu, jendela, hingga atap. Berbeda sekali dengan fasad rumah minimalis yang serba simpel.

Baca Juga : Jenis-Jenis Saluran Air Hujan untuk Rumah yang Wajib Anda Ketahui

Fasad rumah klasik akan menampilkan detail yang khas seperti panel-panel cekung pada atap, kolom bergalur, atau jendela dengan tepi molding. Disamping itu, fasad rumah klasik mengatur tiap fungsi dan detail secara proporsional.

Fasad Rumah Mediterania

Gaya arsitektur yang berasal dari Amerika ini memang membuat fasad rumah tampak teduh. Fasad rumah Mediterania sendiri memiliki ciri khas pada ornamen dan penggunaan warna. Umumnya, fasad rumah mediterania menggunakan warna-warna hangat seperti oranye, kuning, krem, atau biru muda.

Fasad rumah mediterania memang bisa menampilkan kesejukan dan kehangatan sekaligus. Hal ini juga menguntungkan pada setiap musim. Disamping itu, adanya atap yang melindungi fasad rumah juga membuat rumah terlihat lebih sejuk.

Fasad Rumah Scandinavia

Mirip dengan fasad rumah minimalistik modern, fasad rumah scandinavia juga umumnya didominasi warna putih. Pada rumah bergaya scandinavia, fasad rumah biasanya dibuka dengan halaman yang luas dan hijau.

Baca Juga : Ide Desain Kolam Ikan untuk Rumah Minimalis Anda

Disamping itu, fasad rumah scandinavia menunjukkan kepraktisan tanpa ornamen berlebih. Sebaliknya, unsur hijau dari pohon atau tumbuhan lainnya membuat fasad rumah tampak lebih segar. Bentuk atap yang datar dengan awning menjadi salah satu ciri khas fasad rumah scandinavia. Pintu geser dari kaca pun biasa digunakan pada pintu utama rumah scandinavia. (ZH)

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo