Buat Kebun Lebih Subur dengan Pestisida Organik

image

PropertiNews.id, Tangerang – Mendapati tanaman yang telah susah payah ditanam layu dan gagal berkembang dapat membuat Anda merasa jengkel. Belum lagi bahwa hal ini disebabkan oleh hama yang dapat membuat tanaman hilang tak bersisa.

Sebelum Anda pergi memeli pestisida untuk mengatasi hal ini, terdapat beberapa hal yang perlu Anda ketahui. Zat kimia yang terkandung dalam pestisida dapat meningkatkan resiko kanker, sakit kepala, melemahkan otot, dan penyakit lainnya. Jika memungkinkan, hindari penggunaan pestisida yang dibuat dari bahan kimia dan mulai gunakan pestisida organik.

Berikut beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi hama dengan cara organik.

1.       Metode Organik dengan Produk yang Aman

Membeli kontrol hama organik dapat sesederhana membeli produk natural yang lebih aman dibandingkan produk yang terbuat dari zat kimia berbahaya. Anda dapat menggunakan insektisida botaani yang terbuat dari tanaman. Gunakan minyak nimba yang merupakan insektisida, fungisida, dan mitisida natural.

Selain itu, Anda juga dapat menggunakan fungisida dengan tingkat racun yang rendah sebagai pestisida organik. Sabun dengan bau yang kuat juga dapat mengusir beberapa hama. Gantung sabun ini dari atas pohon dengan menggunakan wadah jaring. Anda dapat menemukan produk-produk ini secara daring dengan mudah.

2.       Metode Fisik Pengendalian Hama

Pada beberapa kasus, Anda dapat dengan mudah mengusir hama dari  kebun Anda dengan cara fisik. Beberapa cara untuk pengendalian hama secara organik adalah dengan menempatkan jebakan serangga yang dapat bekerja. Gunakan pagar atau kawat elektrik di sekitar kebun. Tidak hanya serangga, jebakan juga dapat berguna untuk menangkap atau menakuti burung yang dapat merusak tanaman.

Anda juga dapat menggunakan patung hewan atau manusia sehingga hama yang ingin datang merasa bahwa terdapat hewan lain yang sudah berada di area tersebut. Gunakan juga tanaman yang dapat mengusir hewan seperti menanam tanaman mint di sekitar kebun untuk mencegah hewan mamalia yang tidak menyukai bau tersebut.

Selain itu, Anda juga dapat membeli lampu strobo untuk menakuti hama. Penyemprot air otomoatis juga memiliki efek yang sama dengan lampu strobo. (RT)

 

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo