Buat Taman Lebih Hijau dengan Tips Menyiram Tanaman Berikut Ini

image

PropertiNews.id, Tangerang - Membawa pulang tanaman yang belum dimasukkan ke dalam pot tentu dapat menjadi tantangan tersendiri. Hal ini memiliki kemiripan yang sama dengan membawa pulang seekor anak anjing atau kucing, namun cenderung lebih mudah.

Jangan beranggapan bahwa tanaman tidak memerlukan penanganan yang penuh cinta dan kasih sayang. Meski terdapat beberapa tanaman yang tidak membutuhkan sinar matahari dan yang secara umum dapat hidup dengan sendirinya, semua tanaman pasti memutuhkan air untuk bertahan hidup.

Faktanya, menyiram tanaman merupakan prioritas utama bagi pemilik tanaman. Jika Anda memiliki pengetahuan terbatas mengenai cara merawat tanaman, hal pertama yang harus Anda ketahui adalah jumlah air yang dipakai untuk menyiram tanaman.

Setiap tanaman memiliki perbedaan, seperti halnya lingkungan tempat tanaman tersebut tumbuh. Tanaman yang sama akan membutuhkan lebih banyak air jika ditempatkan di tempat yang memiliki banyak sinar matahari dibandingkan tanaman yang ditempatkan di tempat yang gelap. Selain itu, tanaman yang lebih tua dan lebih besar akan menjadi lebih haus dibandingkan tanaman muda yang kecil.

Terdapat beberapa cara yang dapat Anda ikuti untuk menyiram tanaman Anda dengan tepat sehingga taman Anda akan tumbuh dengan indah dan subur.

1.       Siram Tergantung Cuaca

Pada musim hujan, Anda dapat menyiram tanaman Anda setidaknya satu kali seminggu. Tanaman akan membutuhkan lebih banyak air saat temperatur meningkat di musim kemarau. Hal ini dikarenakan semakin tingginya temperatur cuaca, maka cairan dapat menguap dengan cepat sebelum dapat digunakan oleh tanaman.

2.       Jumlah Air Tergantung Ukuran

Hal ini cenderung mendasar, tanaman yang lebih besar membutuhkan lebih banyak air, sedang tanaman yang lebih kecil membutuhkan lebih sedikit. Perlu diingat bahwa pot besar yang berisi tanaman kecil dapat menampung banyak air, jadi Anda perlu mengatur jumlah air sesuai dengan kapasitas. Pot kecil atau tanaman menggantung dapat disiram dua kali sehari sedangkan pot besar dapat disiram satu kali sehari.

3.       Waktu yang Tepat

Atur waktu yang tepat untuk menyiram tanaman Anda berdasarkan kebutuhan. Jika Anda memiliki tanaman kecil dan perlu disiram dua kali sehari, coba lakukan hal ini pada pagi dan malam hari. Untuk tanaman yang hanya perlu disiram satu kali sehari, coba untuk melakukannya pada pagi hari atau malam hari.

4.       Tambahkan Air yang Cukup

Anda mungkin perlu untuk menyiram tanaman di pot hingga air merembes keluar melalui lubang drainase di dasar pot. Dengan cara ini, Anda dapat mengetahui bahwa tanah dan akar memiliki akses terhadap air di seluruh pot. Hindari penyiraman berlebih dengan memberikan air yang cukup yang mengalir keluar ke bawah. Jika pada saat Anda ingin menyiram kembali dan melihat tanah masih dalam keadaan basah, Anda tidak perlu menyiram tanaman tersebut kembali.

5.       Arahkan dengan Benar

Air harus dituangkan di atas tanah, bukan pada daun atau bunga tanaman. Menyiram air pada tanaman dapat berujung pada penyakit jamur dan membakar daun dari tanaman tersebut.

6.       Tetap Tenang

Beberapa tanaman, khususnya yang diletakkan diluar, akan terlihat layu pada saat hari sedang panas. Jika Anda mengalami hal ini, jangan panik dan siram tanaman dengan air. Hal yang perlu Anda ketahui adalah bahwa tanaman layu sebagai bentuk perlindungan diri untuk menjaga akar dari kehilangan banyak cairan. Tunggu dan lihat jika tanaman menjadi segar kembali cuaca menjadi lebih sejut. Jika tidak, maka Anda perlu menambahkan sedikit lebih banyak air atau lebih sering menyiram tanaman tersebut. (RT)

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo